in: Overclocking | April 26, 2010 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

AMD Phenom II X2 555BE Extreme Overclocking


AMD Phenom II X2 555BE adalah prosesor dual-core dari AMD yang memiliki clockspeed default sebesar 3.2Ghz, dan hal ini membuatnya menjadi yang tercepat diantara famili AMD Phenom II X2 series. Akhiran BE di belakang nama prosesor ini adalah singkatan dari Black Edition, yang berarti prosesor ini memiliki nilai CPU multiplier yang terbuka, dan dapat diubah-ubah.

Berbeda dengan prosesor pada umumnya yang memiliki nilai CPU multiplier dikunci, Prosesor seri Black Edition ini memberikan keleluasaan pada penggunanya untuk dapat mengoverclock CPUnya dengan mengubah / menaikkan nilai multipliernya. Seperti yang kita tahu, overclocking pada PC pada umumnya dilakukan dengan mengubah nilai FSB(atau pada AMD kadang disebut HTRef Clock), namun kadang hal ini menyebabkan limitasi overclocking yang disebabkan oleh limitasi FSB pada sistem. Maka dari itu, AMD menciptakan seri Black Edition dengan multiplier tidak dikunci(unlocked multiplier), supaya para overclocker dapat memaksa prosesornya lebih jauh tanpa terbentur limitasi FSB sistem.

Saat dirilis tahun lalu, keluarga Phenom II series dari AMD mengundang banyak decak kagum dari para overclocker karena prosesor ini mempunyai scaling yang baik terhadap suhu rendah(makin rendah suhu makin tinggi potensi overclock), dan tidak memiliki Cold Bug, atau dengan kata lain prosesor ini bisa berjalan di suhu dingin yang sangat extreme sekalipun. Kedua hal ini ,digabungkan dengan fitur unlocked multiplier pada seri Black Edition mengakibatkan clockspeed prosesor AMD keluarga Phenom II bisa di-push setinggi-tingginya saat menggunakan extreme cooling seperti Dry Ice atau Liquid Nitrogen, dan benar saja, rata-rata prosesor AMD Seri Phenom II saat didinginkan menggunakan Liquid Nitrogen biasanya bisa dipaksa untuk berjalan di clockspeed yang ‘bombastis’ , di atas 6 Ghz!

Walaupun kelihatannya ‘impossible’, clock 6Ghz ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit diraih, asalkan kita mengetahui langkah-langkahnya, dan juga memiliki peralatan yang dibutuhkan. Kali ini kita akan ‘bermain-main’ dengan Phenom II X2 555BE, untuk mengetahui sejauh mana clockspeed prosesor ini bisa berlari.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES