in: Storage Devices | May 25, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

ADATA S592 32GB: Sekarang dengan TRIM

SSD (Solid State Disk) sekarang ini sudah banyak beredar dengan kapasitas yang kecil. Hal ini disebabkan pemakaian SSD sebagai boot drive terbukti mampu meningkatkan kinerja sistem komputer. Anda dapat menginstal sebuah sistem operasi pada SSD ini dan menyimpan data-data Anda pada hard disk. Oleh karena itu, ADATA sudah lebih dulu merilis SSD dengan kapasitas kecil, yaitu 32 GB.

SSD ini sudah dirilis oleh ADATA semenjak tahun lalu. Walaupun begitu, saat SSD ini dirilis firmware-nya belum mendukung fungsi TRIM. Fungsi TRIM sangat diperlukan untuk menjaga agar performa SSD tidak menurun saat sektor yang sama dipakai tanpa terlebih dahulu dihapus. Hal ini dapat membuat performa sistem Anda juga menurun.

Update firmware sendiri cukup mudah. Kami masih menggunakan sebuah floppy drive untuk meng-update firmware S592 ini. Waktu update hanya membutuhkan kurang dari 20 detik saja. Untuk itu, mari kita lihat bagaimana kinerja ADATA S592 32GB ini.

Pengujian Kinerja

Pada pengujian kali ini, kami menggunakan sistem seperti yang tertera berikut ini:

  • Prosesor: Intel Core i5 650
  • Motherboard: Intel P55
  • Media penguji: 2x Western Digital Caviar Black 500 GB RAID 0
  • RAM: 2x 2 GB
  • Graphics card: ATI Radeon HD 5670

Pada pengujian kali ini, kami akan membandingkan SSD S592 dengan hard disk Western Digital Black 500 GB. Kami juga menguji SSD saat sebelum (versi 1571) dan setelah dipasangkan firmware yang mendukung TRIM (versi 1842). Firmware tersebut dapat di-download pada website ADATA Taiwan.

HDTune


Kinerja baca S592 sedikit menurun setelah firmware 1842 dipasangkan. Walaupun begitu, penurunan kinerja baca ini tidak akan terasa karena terpaut terlampau sedikit. Dapat dilihat kinerja SSD ini jauh meninggalkan hard disk.

Hal yang cukup berbeda dapat dilihat pada saat menguji kinerja tulisnya. Firmware 1842 meningkatkan performa SSD sedikit di atas pendahulunya. Bahkan, SSD ini ternyata mampu menulis data secara sequential sampai pada kecepatan 158 MB/s.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES