in: Storage Devices | May 25, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

ADATA S592 32GB: Sekarang dengan TRIM

PCMark Vantage


Perolehan nilai PCMark Vantage cukup mengejutkan. Kinerja SSD setelah menggunakan firmware 1842 ternyata menurun. Secara detil, perolehan performa dapat dilihat pada grafik di bawah ini.

Kinerja menurun hampir setengahnya pada saat pengujian Application Loading. Selebihnya, tidak ada kinerja yang menurun. Kinerja terbesar cukup terlihat pada saat pengujian Windows Media Player dan Windows Vista Startup. Dapat dilihat beda performa saat sistem menggunakan SSD dan hard disk yang cukup jauh.

Pengujian Copy Data

Setelah menggunakan aplikasi benchmark, kini saatnya kami menguji dengan menggunakan metode penyalinan data. Ada empat buah pengujian disini. Pengujiannya memakai dua jenis metode. Metode pertama adalah mengkopi file dari dan ke SSD dengan menggunakan empat buah file dengan total 6 GB. Metode kedua sama, tetapi kami menggunakan file yang sangat banyak dengan total 6 GB.

Pada saat menulis file besar, performa SSD memang lebih baik daripada kinerja hard disk. Akan tetapi pada saat pengujian penulisan file kecil, firmware 1842 membuat S592 sedikit lebih lamban dibandingkan dengan hard disk. Walaupun begitu, pengujian real world ini menunjukkan peningkatan kinerja yang cukup baik.

Kesimpulan

Pada pengujian kali ini, cukup membuktikan bahwa kinerja SSD S592 sebagai boot drive bisa meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Peningkatan performa juga akan cukup terlihat saat Anda mem-flash firmware versi 1842. Selain peningkatan performa, dengan firmware yang baru dan menggunakan Windows 7, fungsi TRIM dapat diperoleh secara cuma-cuma.

Bagi Anda yang tidak memiliki dana yang cukup, pembelian sebuah SSD dirasa tidak perlu. Penggunaan hard disk untuk pemakaian sehari-hari dirasa masih cukup. Berbeda dengan para profesional yang bergerak di bidang multimedia (video dan foto) editing, penggunaan S592 bisa membantu mempercepat pekerjaan Anda. Bagi yang berada pada lingkungan pertambangan dan arsitektur bangunan pun juga bisa mendapatkan keuntungan jika notebook Anda sering terguncang cukup keras akibat getaran yang dihasilkan alat-alat disekitar Anda, karena SSD menggunakan flash memory yang tidak akan terganggu saat adanya getaran.

Kelebihan:

  • TRIM
  • Kinerja Baik
  • Ringan

Kekurangan:

  • Tidak tersedia di Indonesia
Produsen ADATA
Info http://www.adata.com.tw
Harga
Distributor Adata.com.tw
Telepon
Type Memory MLC
Kapasitas 32 GB
Interface SATA II
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES