AOC E936VW

Reading time:
May 21, 2010

Monitor jenis liquid crystal display belakangan ini mengalami beberapa perkembangan yang cukup menarik. Selain teknologi visualisasi gambar 3D yang diterapkan di beberapa tipe dari beberapa merek, ada pula backlighting LED yang mulai menggantikan tipe lighting dengan lampu CCFL (Cold Cathode Fluorescent Light) konvensional yang dipakai selama ini. AOC termasuk produsen monitor yang sudah mulai menerapkan backlighting LED ini pada beberapa produknya, seperti tipe E936 VW yang baru-baru ini diterima oleh tim Jagat.

Front 2

Lampu Penerang Layar

Sebelum memulai pembahasan tentang monitor ini, marilah kita kupas terlebih dahulu teknologi yang ada di belakangnya. Apa sih sebenarnya teknologi backlighting-LED yang diterapkan pada monitor LCD ini? Apa pula yang mebedakannya dari teknologi sebelumnya?

Sebuah monitor LCD membutuhkan pencahayaan tambahan untuk membuat gambar di permukaannya menjadi terlihat. Lapisan liquid crystal display memang menghasilkan tampilan di layar, tapi intensitas cahayanya terlalu kecil sehingga tidak bisa dilihat dengan jelas. Di sinilah lampu backlight berperan. Bayangkan papan billboard iklan pada malam hari, nah, backlight LCD berfungsi mirip dengan lampu-lampu pada pinggiran billboard yang menerangi sehingga billboard tersebut dapat tampil terang benderang.

Jenis lampu yang umum dipakai sebagai backlight monitor LCD selama ini adalah lampu Cold Cathode Fluorescent Light (CCFL). Cara kerja jenis lampu ini mirip dengan lampu neon yang biasa Anda temukan di rumah-rumah, yaitu gas di dalam tabung lampu dinyalakan dengan arus listrik. Kelemahannya, karena menggunakan hanya satu jenis spektrum cahaya (putih), ia mendistorsi tampilan warna pada monitor sehingga menjadi kurang kontras dan tidak seperti aslinya. Soal ini tentu sudah sering Anda dengar dari teman Anda yang berprofesi sebagai disainer grafis. Banyak yang bertahan dengan monitor CRT karena reproduksi warna pada monitor LCD seringkali tidak akurat.

Lampu dari jenis Light-Emitting Diode (LED) menjanjikan rasio kontras yang lebih baik dn reproduksi warna yang lebih baik pula, selain juga konsumsi listrik yang lebih kecil karena LED tidak membutuhkan daya sebesar CCFL untuk beroperasi. Sebenarnya, backlight LED dibagi-bagi lagi menjadi beberapa jenis. Dari segi penempatan, ada direct-mount LED array yang menempatkan lampu LED di belakang layar, dan edge-lit LED di mana lampu LED ditempatkan di sekeliling bingkai monitor, sama dengan teknik penempatan lampu CCFL konvensional. Dari segi tipe lampu, ada LED full spectrum dengan lampu berwarna putih, serta ada pula tri-color LED dengan lampu LED berwarna merah, hijau, dan biru.

LED ala AOC

Teknologi LED Backlight inilah yang diterapkan di monitor AOC E936VW. Sayang, kami belum berhasil menemukan detail spesifikasi yang menjelaskan tipe LED-nya. Namun, menurut asumsi kami, dengan harga 1,45 juta yang terhitung cukup ekonomis untuk ukuran monitor LED, boleh jadi AOC E936VW ini menggunakan tipe LED edge-lit dengan lampu berwarna putih (full spectrum).

Begitu kardus kemasan dibuka, tampaklah monitor AOC E936VW yang memiliki bezel piano finish mengkilap (glossy) yang membuatnya tampak cukup anggun sekaligus juga mudah kotor. Hanya beberapa saat setelah dikeluarkan dari bungkus styrofoam-nya, glossy bezel monitor ini sudah terpapar puluhan sidik jari kami. Akan tetapi hal tersebut bukan masalah besar. Cukup dengan sekali dua sapuan kain yang dibasahi cairan pembersih, dan ia pun mengkilap kembali, siap untuk sesi pemotretan.

Front
Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…