in: News | May 24, 2010 | by: Deliusno

Apakah LTE Jawabannya? – Uji Coba LTE Pertama di Indonesia

Nokia Siemens Network mengadakan uji coba LTE pertama di Indonesia hari ini. Mereka mengajak jurnalis dan beberapa klien untuk merasakan kecepatan LTE secara langsung. Jaringan LTE adalah jaringan masa depan yang dianggap sebagai jawaban atas meningkatnya kebutuhan bandwidth yang semakin besar.

Uji coba dilakukan di sebuah ruangan kecil. Terdapat dua buah BTS, dua buah antena, dua buah TV HD, dan dua buah laptop untuk uji coba tersebut. Uji coba LTE ini sengaja dilakukan dan hanya sebatas di dalam ruangan kecil itu saja. Hal tersebut dilakukan agar koneksi LTE yang ada di dalam ruangan tidak mengganggu jaringan yang sudah ada.

Awalnya, NSN menayangkan 4 buah video HD secara bersamaan. Video tersebut di-broadcast melalui jaringan LTE yang ada. Hasilnya memuaskan. Keempat film tersebut dapat berjalan lancar secara bersamaan. Tidak terlihat terlalu banyak delay di video tersebut. Di layar terlihat statistik yang cukup tinggi. Download sebesar 40 MB per detik berhasil dicapai.

Kemudian NSN mencoba memberikan demo download file. Hasilnya pun luar biasa. Statistik menunjukkan kalau komputer mampu medownload file hingga 100 MB per detik.

Memang BTS berada di dalam ruangan yang sama dengan jarak yang sangat dekat. Pengguna yang mengakses LTE juga hanya 1 pengguna. Koneksi yang ada belum terbagi untuk banyak pengguna. Namun, hasil yang tercapai sudah cukup memberikan janji untuk para pengguna yang ingin memiliki koneksi Internet yang tinggi.

Akhir tahun 2009, Swedia berhasil menjadi negara pertama yang berhasil menguji coba koneksi LTE. Hasilnya memuaskan. Mereka berhasil mencapai batas download maksimal, yaitu 100 MB per detik. Masyarakat dunia terpukau dengan hasil tersebut dan mulai berharap untuk segera mendapatkan jaringan tersebut.

Masih merasa Internet di Indonesia kurang kencang? Mari kita tunggu saja kehadiran LTE di dunia dan rasakan kecepatannya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES