in: Gadget | May 15, 2010 | by: Sony Hanifudin

Aplikasi Messenger Untuk Ponsel Anda

Kebutuhan untuk bersosialisasi dengan kolega pada dunia maya saat ini sudah semakin penting. Dengan adanya ponsel/perangkat mobile, kebutuhan tersebut dapat terwujud dimana pun dan kapan pun Anda berada. Saat ini, banyak orang mulai mempergunakan messenger sebagai sarana pengganti SMS. Dengan messenger Anda dapat berkomunikasi dengan harga yang relatif murah.

Kini hampir setiap orang memiliki account messenger di berbagai website ternama seperti : MSN, Yahoo, Google, ICQ, Jabber, dan berbagai website lainnya. Dengan begitu banyaknya website yang menyediakan fasilitas ini, setiap orang biasanya memiliki account messenger lebih dari satu. Melihat hal tersebut, beberapa perusahaan aplikasi pihak ketiga menyediakan sebuah messenger application yang mendukung berbagai account.

Kini, messenger application menjadi sebuah aplikasi wajib ada pada setiap handphone/mobile device. Kali ini JagatReview  berkesempatan untuk mencoba beberapa aplikasi messenger yang cukup menarik untuk dimiliki. Aplikasi tersebut adalah:

IM+

Aplikasi ini merupakan besutan dari Shape service yang memang sudah lama bermain software aplikasi di dunia mobile. Aplikasi ini mendukung device dengan OS iPhone OS , Blackberry RIM, Symbian S60 v3, Symbian 60 V5, Symbian UIQ, Windows Mobile, Windows Mobile Smartphone, Palm, Android, J2ME. Feature-feature yang dimiliki oleh aplikasi ini meliputi avatar, IM+ Talk, sending file, status, emoticon.

Bila Anda ingin mempergunakan aplikasi ini, Anda dapat men-downloadnya di www.shapeservices.com. Pada website tersebut tersedia versi trial selama tujuh hari sebelum Anda memutuskan untuk membeli aplikasi ini. Sayangnya, aplikasi ini tidak menyediakan versi freeware. Feature baru yang terdapat pada versi terbarunya adalah MSN, dan Skype Conference.

Aplikasi ini mendukung MSN, Yahoo, MySpace, Facebook, GTalk, AIM, Jabber, Skype, dan ICQ. Aplikasi ini dijual di pasaran seharga 39.95 dollar dengan lisensi seumur hidup dan update yang tersedia. Namun, untuk para pengguna iPhone hal ini tidak berlaku.

Palringo

Aplikasi dari Palringo ini tersedia untuk desktop. Aplikasi ini dapat Anda download melalui PC di www.palringo.com atau dengan metode over the air melalui handphone di www.palringo.mobi. Aplikasi ini tersedia dalam versi freeware. Bila Anda menginginkan lebih dari sekedar yang ditawarkan pada versi freeware, Palringo juga menyediakan versi premiumnya.

Aplikasi ini mendukung MSN, Yahoo, GTalk, ICQ, Jabber, AIM, dan Facebook untuk berkomunikasi dengan kolega Anda. Aplikasi ini juga mendukung OS iPhone, Windows Mobile, Window Mobile Smartphone, Blackberry RIM, J2ME, dan Android. Patut diperhatikan, untuk dapat mempergunakan aplikasi ini Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Pada versi freeware, aplikasi ini menawarkan feature yang menarik, sending text, foto, avatar, emoticon, location, dan feature push to talk untuk mengirimkan suara. Sayangnya, aplikasi ini tidak memiliki feature cross conference.

eBuddy

Aplikasi yang satu ini sudah cukup terkenal dan banyak dipergunakan untuk chatting. Aplikasi ini dapat Anda download lewat PC website di www.ebuddy.com ataupun dengan metode over the air. Aplikasi ini juga mendukung chatting lewat web dengan langsung mengetik alamat www.ebuddy.com pada browser di device Anda. Untuk dapat mempergunakan aplikasi ini Anda wajib memiliki account ebuddy.

eBuddy mendukung MySpace, MSN, GTalk, Yahoo, AIM, ICQ, dan Facebook. Feature yang menarik dari messenger ini adalah kemampuannya untuk melakukan conference chat. Sayangnya ebuddy baru tersedia untuk iPhone, Android, dan J2ME. Sementara itu, untuk para pengguna PSP dan Nintendo DS dapat mempergunakan eBuddy Lite Messenger.

Nimbuzz

Anda dapat mendownload aplikasi ini langsung dari browser Anda dengan mengetik alamat get.nimbuzz.com. Aplikasi ini memiliki feature yang cukup berlimpah, salah satu feature yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda dapat mensinkronisasi daftar kontak Anda dengan server NimBuzz. Aplikasi ini mendukung AIM, MSN, GTalk, Yahoo, Facebook, ICQ, NimBuzz.

Feature lain yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda dapat memanggil kontak yang tersedia pada account Nimbuzz Anda. Aplikasi ini tersedia untuk J2ME, Symbian, Android, Blackberry, Windows Mobile, dan Windows Mobile Smartphone. Anda wajib mendaftarkan diri untuk dapat mempergunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga tersedia untuk desktop, Anda download langsung aplikasi pada www.nimbuzz.com.

Mundu

Aplikasi ini merupakan pemain lama di dunia messenger. Mundu mendukung Yahoo, MSN, AIM, ICQ, Jabber, Facebook, GTalk. Aplikasi ini dapat di-download di im.mundu.com pada browser handphone Anda atau langsung di-download dari PC di alamat www.mundu.com. Aplikasi ini mendukung conference chat. Aplikasi ini dijual di pasaran dengan harga 11 dolar.

Feature emoticon, avatar, texting, cross conference, share photo, smart group, merupakan feature standar yang tersedia pada aplikasi ini. Mundu tersedia untuk iPhone, Blackberry, Windows Mobile Smartphone, Windows Mobile, Palm, Palm Pre, Symbian, dan Android. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia dalam versi trial untuk dicicipi sebelum memutuskan untuk membeli.

Agile

Messenger yang satu ini mengklaim sebagai all in one messenger, dengan dukungan ICQ, Yahoo, MSN, Windows Live Messenger, Google Talk, Jabber,  and XMPP. Anda dapat men-download aplikasi ini di www.agilemobile.com. Aplikasi ini menawarkan feature texting, push to talk, picture messanging, dan video messaging. Aplikasi ini juga mendukung cross conference.

Aplikasi ini tersedia untuk iPhone, Blackberry, Nokia, Sony Ericsson, Windows Mobile, Windows Mobile Smartphone, Palm Pre, dan Android. Sangat disayangkan, aplikasi ini tidak mendukung Facebook. Selain itu, feature avatar juga tidak tersedia pada Agile. Aplikasi ini dijual seharga 11.95 dollar untuk jangka waktu 3 bulan. Sementara itu, untuk lisensi permanen dijual dengan harga 44.95 dollar.

Dari berbagai aplikasi messenger yang telah dibahas diatas, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dengan feature yang ditawarkan dan kinerja yang dapat diandalkan, Anda dapat memilih messenger sesuai dengan kebutuhan Anda. Lebih baik mempergunakan freeware daripada harus membajak software.

Aplikasi messenger yang telah dibahas di atas tersedia dalam berbagai platform dan berbagai messenger account yang ada. Kemampuan yang ditawarkan oleh tiap-tiap messenger juga berbeda beda. Namun, feature texting pasti dimiliki oleh setiap messenger tersebut. Pilihan ada di tangan Anda untuk mempergunakan aplikasi yang mana untuk berkirim pesan di dunia maya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES