LOGO

Atom Untuk Perangkat Smartphone

Prosesor Atom akan segera berganti image. Apabila selama ini Atom lebih sering diidentikan dengan perangkat netbook, maka kali ini Atom generasi terbaru akan segera masuk ke dalam pasaran smartphone dan tablet PC. Prosesor yang selama ini dikenal dengan kata sandi “Mooretown” ini akan membuat perangkat smartphone dan tablet PC semakin kuat.

Platform Atom terbaru ini masuk ke dalam seri keluarga z6xx (sebelumnya “Lincroft” system-on-chip (SOC), Intel Platform Controller Hub MP20 Intel (sebelumnya “Langwell”), dan dedicated Mixed Signal IC (MSIC) tersendiri, sebelumnya “Briertown.”

Platform ini sudah dipartisi ulang untuk memuat prosesor Atom Z6xx, yang menggabungkan core prosesor Atom  45nm dengan grafis 3-D, encode dan decode video, dan juga pengendali memori dan tampilan dalam rancangan SoC tunggal. Platform ini juga memuat Hub Pengendali Platform MP20 yang menunjang beberapa fungsi tingkat sistem dan blok I/O. Selain itu, sebuah MSIC tersendiri mengintegrasikan pengiriman daya, pengisisan baterai dan mengkonsolidasikan berbagai komponen analog dan digital. Dengan adanya fungsi baru seperti itu, sebuah smartphone atau Tablet PC dijamin mampu menjalankan grafik 3D dengan lebih baik.

Chip baru ini diklaim dapat memberikan pengurangan daya yang signifikan termasuk pengurangan daya idle >50x, pengurangan audio power >20x dan pengurangan dalam browsing dan skenario video sampai 2-3x, yang semuanya berada di tingkat platform saat dibandingan dengan produk-produk Intel generasi sebelumnya.Penghematan daya ini,dapat berarti waktu standby  >10 hari, pemutaran audio sampai 2 hari dan daya tahan baterai untuk browsing dan video hingga 5 jam. Saat digabungkan dengan kinerja komputasi yang 1.5-3x lebih tinggi, grafis 2-4x lebih kaya, kinerja JavaScript 2-4x lebih tinggi dan dukungan full HD 1080p dekoding video profil tinggi dan rekaman video 720p HD, inovasi pengurangan daya ini memberikan pengalaman visual mirip PC di smartphone atau Tablet PC.

Platform baru ini mampu mendukung berbagai frekuensi sampai 1.5GHz untuk smartphone dan sampai 1.9 GHz untuk tablet dan peralatan genggam lainnya. Chip ini juga mendukung Wi-Fi, 3G/HSPA, WiMAX, dan juga berbagai sistem operasi lainnya, termasuk Android, Meego* dan Moblin.

Random Articles
Back to Top