in: News | May 6, 2010 | by: Patrick

Enyo: SSD Eksternal USB 3 dari OCZ

Apakah Anda pemilik komputer baru ber-USB 3.0 dan sedang mencari storage ekesternal ekstra cepat? Keinginan Anda mungkin akan segera terwujud. OCZ, pabrikan yang namanya beken sebagai produsen produk-produk memori high-end, baru saja resmi meluncurkan Enyo, SSD drive eksternal dengan interface USB 3.0.

Di dalam kemasan OCZ Enyo yang terlihat futuristik, tersimpan media SSD dengan tiga pilihan kapasitas: 64, 128, dan 256 GB. Berkat interface SuperSpeed USB 3.0 berkecepatan 5Gbps, transfer data dapat dilakukan dengan sangat cepat. Klaim OCZ untuk hal ini terdengar cukup luar biasa. Versi 64 GB disebutkan memiliki kecepatan baca maksimum 225 MB/ detik (tulis maksimum 135 MB/ detik). Versi 128 GB dan 256 GB diklaim memiliki kemampuan yang lebih dahsyat lagi, yaitu berkecepatan baca maksimum 260 MB/ detik (tulis maksimum 200 MB/ detik). Adapun kecepatan sustained write dipatok pada 40 MB/ detik (versi 64 GB) dan 150 MB/ detik (versi 128 dan 256 MB).

SSD pada semua versi dari OCZ Enyo dibuat dengan menggunakan MLC NAND flash memory. Tak lupa, OCZ juga melengkapi drive eksternal berukuran mungil ini (56 mm x 120 mm x 10 mm) dengan cache on-board sebesar 64 MB. Enyo didesain kompatibel dengan port USB generasi sebelumnya (USB 2.0 dan 1.0), tapi tentu saja Anda harus menggunakan port USB 3.0 untuk mendapatkan performa maksimum

Menurut rencana, seharusnya OCZ Enyo sudah mulai tersedia di pasaran mulai pertengahan bulan Mei, atau paling lambat akhir bulan. Sayang, belum ada perincian harga sampai saat berita ini diturunkan. Akan tetapi, boleh jadi calon pemiliknya harus merogoh kantong cukup dalam. Menurut estimasi awal, kisaran harganya diperkirakan akan mirip-mirip dengan SSD OCZ Vertex 2 yang berbasis SandForce.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES