in: Processors | May 12, 2010 | by: Patrick

Intel Arrandale: Andalan Intel Untuk Notebook

Di awal tahun ini Intel memperkenalkan prosesor terbarunya yang diperuntukkan bagi perangkat notebook dengan kode Arrandale. Prosesor baru ini akan menggantikan prosesor Intel centrino yang telah lama mengisi dan memberikan tenaga pada notebook.

Prosesor ini dikatakan baru karena tidak lagi menggunakan fabrikasi prosesor centrino, tetapi sudah menggunakan fabrikasi 32nm. Hal ini tidak terlepas dari prosesor sebelumnya yang diperuntukkan bagi kelas desktop. Dalam sebuah prosesor Anda akan mendapatkan sebuah core CPU  dan sebuah core GPU.  Arsitektur yang digunakan sama persis dengan Clarkdale, hanya pada prosesor Arrandale Anda akan mendapatkan sebuah prosesor dengan kode wesmere dengan fabrikasi 32nm dan sebuat Intel graphic dengan fabrikasi 42nm dalam satu prosesor. Dengan penggabungan ini dalam satu prosesor maka diharapkan konsumsi daya yang diperlukan semakin kcil dan tidak kalah pentingnya adalah dimensi dari sebuah board akan menjadi kecil yang akan membuat sebuah notebook semakin ramping.

Beberapa fitur yang menarik dan baru adalah adanya Turbo boost, dimana sebuah prosesor dapat secara menaikkan kecepannya tau meng-overclock secara otomatis tergantung dengan keperluan dari prosesing data yang sedang dilakukan pada sebuah notebook. Sebenarnya Turbo boost ini juga ditemukan pada prosesor i7 pada desktop. Tetapi yang benar-benar baru adalah Turbo graphics, dimana prosesor dengan pintarnya akan membagi TDP (thermal design power) antara prosesor dengan graphics. Secara garis besarnya adalah bila prosesor lebih banyak berkerja maka TDP graphics akan turun se minimal mungkin dan begitu juga sebaliknya. Dengan adanya ini diharapkan akan menghemat daya sehingga masa hidup sebuah notebook akan semakin lama

Generasi pertama Arrandale mempunyai TDp sebesar 35 watt termsuk untuk menyalakan graphics. TDP yang dicantumkan tidaklah mutlak karena bisa berubah-rubah sesuai dengan kebutuhan dari prosesor, hal ini juga yang membuat prosesor Arrandale di claim semakin irit daya. Tidak hanya itu untuk kelas prosesor low voltage nantinya akan mempunyai TDP 18 watt sehingga daya yang dipergunakan semakin kecil.  untuk saat ini prosesor yang tersedia baru Intel i3 dan i5. Nantinya Intel akan meluncurkan untuk kelas i7.Anda bisa lihat pada table dibawah. Pada Arrandale i3 tidak terdapat Turbo clock.

Dasar dari prosesor Arrandale adalah untuk membuat sebuah perangkat mobile yang semakin simple tetapi mempunyai tenaga untuk berbagai pekerjaan. Saat ini sudah semakin banyak dapat Anda temukan berbagai produk notebook yang menggunakan prosesor ber basis Arrandale dan harga yang ditawarkan juga sudah menyamai harga sebuah notebook yang menggunakan Centrino.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES