in: Storage Devices | May 23, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Intel X25-V SSD 40GB: SSD Intel Paling Terjangkau

Crystal Disk Mark

Pengujian ini masih menggunakan aplikasi benchmark sintetis. Kali ini, program akan membuat rentetan antrian data yang akan ditulis dan dibaca. Hal ini akan menguji kinerja Native Command Queing pada hard disk dan atau SSD.

Di sini dapat dilihat SSD unggul pada setiap bagian pengujian. SSD juga baik saat terjadi antrian pembacaan data.

PCMark Vantage

PCMark Vantage masih merupakan sebuah benchmark sintetis. Walaupun begitu, benchmark yang dilakukan PCMark dapat menilai perolehan kinerja sistem secara keseluruhan.

Nilai yang signifikan terjadi saat SSD dipasang pada mode RAID-0. Nilai tersebut dapat dilihat secara detil pada grafik di bawah ini.

Dapat dilihat bahwa pemakaian RAID-0 dengan menggunakan dua buah X25-V akan membuat kinerja sistem menjadi sangat baik. Saat menggunakan X25-V pada mode non RAID, ada beberapa kinerja yang ternyata tidak lebih baik dibandingkan saat Anda memakai hard disk, apalagi pada saat pekerjaan Anda membutuhkan lebih banyak penulisan data.

Pengujian Copy Data

Setelah menggunakan aplikasi benchmark, kini saatnya kami menguji dengan menggunakan metode penyalinan data. Ada empat buah pengujian disini. Pengujiannya memakai dua jenis metode. Metode pertama adalah mengkopi file dari dan ke SSD dengan menggunakan empat buah file dengan total 6 GB. Metode kedua sama, tetapi kami menggunakan file yang sangat banyak dengan total 6 GB.

Hal ini cukup membuktikan bahwa kinerja penulisan pada hard disk lebih baik dibandingkan dengan SSD. Walaupun begitu, kinerja baca SSD memang lebih superior dibandingkan dengan hard disk.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES