in: Gadget | May 5, 2010 | by: Sony Hanifudin

iPad: Melirik Gadget dari Apple

Kebutuhan akan gadget sebagai penunjang aktifitas ataupun sebagai alat bantu bisnis sangatlah besar. Pasar yang ada saat ini menunjukan angka yang sangat tinggi untuk hal tersebut. Melihat hal ini, Apple meluncurkan sebuah produk gadget yang menjadi andalannya , iPad. iPad merupakan perpaduan dari smartphone dan tablet PC. Dengan bentuk layaknya iPhone atau iPod Touch, iPad memiliki sistem operasi yang sama dengan iPhone.

iPad diluncurkan Apple pada bulan April 2010. Apple meluncurkan dua buah model iPad, iPad dengan koneksi WiFi dan model iPad dengan WiFi sekaligus koneksi 3G. Gadget ini didesain untuk dapat melakukan aktivitas standar user seperti browsing, streaming video, instalasi aplikasi, memutar file multimedia baik musik ataupun vide, dan beberapa hal ringan lainnya.

iPad dimaksimalkan dengan teknologi multitouch yang finger friendly. iPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Job (CEO of Apple Inc) pada sebuah event di Yerba Buena Center of The Art, San Fransisco, Amerika Serikat, pada 27 Januari 2010.

Spesifikasi Hardware

Apple mempersenjatai produknya dengan CPU 1 Ghz Apple A4 yang diklaim oleh Apple hemat energi. Untuk kapasitas, iPad tersedia dalam beberapa pilihan yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB Flash drive. Dengan berat 0.68 kg untuk WiFi dan 0.73 kg untuk WiFi + 3G. Sementara itu, iPad miliki dimensi 242.8 mm x 189.7 mm x 13.4 mm.

Gadget ini memiliki ukuran  display 9.7-inch (diagonal) LED-backlit glossy widescreen Multi-Touch display dengan IPS technology, 1024-by-768-pixel resolution pada 132 pixels per inch (ppi), fingerprint-resistant oleophobic coating, , serta mendukung multi-language. iPad juga dilengkapi dengan sensor accelerometer, dan Ambient light sensor.

Sementara itu, Apple melengkapi produknya dengan A-GPS serta kompas digital. Konektifitas yang tersedia untuk model WiFi adalah WiFi 802.11a/b/g/n dan Bluetooth 2.1 + EDR technology. Untuk model WiFi + 3G adalah UMTS/HSDPA (850, 1900, 2100 MHz), GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz), Wi-Fi (802.11a/b/g/n), Bluetooth 2.1 + EDR technology.

Tombol eksternal yang tersedia pada iPad hanya berupa tombol on/off/sleep/awake pada bagian atas sebelah kiri, screen rotation lock pada samping kanan, dan volume button up/down pada samping kanan. Sementara itu untuk input dan output Apple menyediakan dock connector port, 3.5-mm stereo headphone jack, built-in speaker, microphone, Micro-SIM card tray (hanya pada model Wi-Fi + 3G).

iPad mendukung audio playback dalam format: HE-AAC (V1), AAC (16 to 320 Kbps), Protected AAC (from iTunes Store), MP3 (16 to 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (formats 2, 3, and 4), Apple Lossless, AIFF, and WAV. Dengan respon audio pada frekwensi 20Hz hingga 20,000Hz. Sementara itu, untuk video iPad mendukung H.264 video up to 720p, 30 frames per second, Main Profile level 3.1 with AAC-LC audio hingga 160 Kbps, 48kHz, stereo audio in .m4v, .mp4, dan .mov file formats; MPEG-4 video, sampai dengan 2.5 Mbps, 640 by 480 pixels, 30 frames per second, Simple Profile with AAC-LC audio sampai dengan 160 Kbps, 48kHz, stereo audio in .m4v, .mp4, dan .mov file formats; Motion JPEG (M-JPEG) sampai dengan 35 Mbps, 1280 by 720 pixels, 30 frames per second, audio in ulaw, PCM stereo audio in .avi file format.

Aplikasi

Sebagaimana yang telah disebutkan, iPad memiliki sistem operasi yang sama dengan iPhone. Dengan begitu, aplikasi yang dimiliki oleh iPad juga hampir sama iPhone. Beberapa aplikasi yang tersedia dalam iPad seperti Safari, iPod, Photo, Mail, video, YouTube, iBooks, iWork, Maps, iTunes, dan App Store telah tersedia pada perangkat ini.

Selain itu, feature seperti daftar kontak, home, media, kalender, merupakan feature standar yang  dapat Anda temui. Anda dapat mensinkronisasikan iPad baik dengan Mac ataupun dengan PC berbasis Windows. Spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk mensinkronisasikan iPad dengan Mac adalah sebuah perangkat Mac denganUSB 2.0 port, Mac OS X v10.5.8 atau lebih baru, iTunes 9.1 atau lebih baru (dapat di-download dari www.itunes.com/download),  akun iTunes Store serta akses internet.

Sementara itu, minimum requirement yang dibutuhkan untuk dapat melakukan sinkronisasi dengan Windows desktop adalah PC with USB 2.0 port, Windows 7; Windows Vista; atau Windows XP Home atau Professional dengan Service Pack 3 atau lebih baru, iTunes 9.1 atau lebih baru, dan tidak ketinggalan juga akses internet.

Power

Untuk urusan power, iPad dilengkapi dengan baterai rechargeable polymer lithium. Apple mengklaim untuk surfing internet, steaming video dan mendengarkan music, melalui WiFi, iPad dapat bertahan selama 10 jam. Sementara itu, untuk surfing internet dengan mempergunakan data network atau 3G, iPad hanya dapat bertahan selama 9 jam. Angka yang cukup mengesankan untuk sebuah perangkat yang mempergunakan WiFi ataupun 3G.

Aksesoris

Untuk melengkapi kebutuhan user dalam penggunaan iPad, Apple menyediakan berbagai aksesoris yang menarik yang dapat memaksimalkan iPad itu sendiri. Aksesori ini meliputi iPad keyboardock, iPad case, iPad dock, iPad camera connection kit, dan iPad 10w USB Power Adapter. Aksesoris-aksesoris tersebut tidak termasuk dalam paket penjualan iPad. Anda dapat membelinya secara terpisah dengan harga yang relatif terjangkau.

Dari model-model iPad yang diluncurkan Apple, keduanya diorientasikan untuk melakukan tugas-tugas ringan ataupun untuk melakukan penjelajahan web. Dengan OS yang sama dengan iPhone, pengoperasian iPad relatif tidak menjadi kendala. Feature yang ditawarkan oleh Apple pada kedua model iPad ini memang cukup menggiurkan.

Namun, beberapa feature yang tidak diikutkan seperti kamera, dukungan terhadap Adobe Flash, multitasking, dan beberapa feature lainnya sangat diharapkan disertakan pada iPad oleh para pengguna. Dalam ruang lingkup koneksi, cukup mengherankan Apple tidak menyertakan koneksi Firewire.  Selain itu, kebutuhan akan kamera untuk video chatting merupakan satu feature standar yang sangat diharapkan oleh para konsumen.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES