in: Gadget | May 6, 2010 | by: Sony Hanifudin

iPhone OS 4 – Sneak Peak to the Future

Pada tanggal 8 April 2010, Apple memperkenalkan OS 4 untuk iPhone, iPod Touch, dan iPad. Apple mengungkapkan rencananya untuk melakukan update terbesar yang pernah ada untuk perangkat-perangkat tersebut pada OS 4 ini.

Secara resmi, sistem operasi besutan dari Apple ini akan beredar di pasaran pada tanggal 7 Juni 2010. Namun, para developer iPhone sudah dapat mencoba versi beta dari OS 4. Apple meng-klaim OS 4 ini merupakan sistem operasi tercanggih saat ini. Hal ini dikonfirmasikan pada sebuah siaran press Apple. Steve Jobs (CEO of Apple Inc) mengemukakan, “iPhone OS 4 adalah rilis yang keempat dari sistem operasi mobile yang tercanggih di dunia. Apple memberikan citarasa baru pada OS 4 untuk iPhone dengan menerapkan beberapa feature baru”.

Kompatibilitas

OS 4 merupakan penerus dari  iPhone OS 3. Apple mengatakan bahwa beberapa produk dari Apple seperti iPhone 3G, iPhone 3GS, generasi ke-3 dari iPod touch, dan iPad dapat bekerja dengan OS 4 ini. Namun, tidak semua feature akan kompatibel dengan perangkat yang sudah ada saat ini. Sebagai contoh feature multitasking hanya tersedia pada iPhone 3GS dan iPod touch generasi ke-3 (32 GB dan 64 GB model dari akhir 2009)

Software Pengembangan

Dengan lebih dari 1500 API (Application Programming Interface) baru, Apple mengeluarkan SDK (Software Development Kit) iPhone SDK 4 bagi para developer. Dengan SDK ini, para developer diharapkan dapat memaksimalkan fungsionalitas dari iPhone dan iPod touch. Para developer software dapat mempergunakan API  baru ini ke dalam aplikasi mereka untuk memperkaya dan menambah feature-feature baru. Sebagai contoh, para developer software dapat menggunakan GameKit API baru untuk mengembangkan game center sebagai bagian dari inisiatif social gaming network yang akan diluncurkan oleh Apple pada tahun ini.

Feature

iPhone OS 4 menawarkan hampir lebih dari 100 feature baru yang memberi kemudahan dalam berinteraksi dengan aplikasi, mengatur e-mail, membaca e-book, dan berbagai macam feature lainnya.  Feature yang tersedia meliputi :

Multitasking : Developer akan mempunyai akses sampai dengan tujuh multitasking service. Aplikasi dapat berjalan di background, dengan begitu performa dari baterai dapat terjaga. Anda dapat menjalankan sebuah aplikasi ataupun bermain game sambil mencek e-mail ataupun sambil mendengarkan musik. Hal ini dilakukan Apple untuk menambah daya tarik terhadap produk barunya. Walaupun multitasking merupakan feature yang menjadi standar dari berbagai sistem operasi mobile lainnya.

Folders :  Pengorganisasian aplikasi ke dalam folder semudah membalikkan tangan. Hanya dengan drag and drop, Anda sudah dapat memindahkan sebuah aplikasi ke dalam suatu folder. Apple menjanjikan bahwa iPhone OS 4 dapat lebih cepat mengakses menu favorites dan browse serta mengatur hingga 2160 aplikasi sekaligus.

Aplikasi Mail yang Lebih Baik : Mengatur, mengirim, dan pindah inbox dari account satu ke account yang lainnya jauh lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Kemampuan untuk mengorganisasi pesan sesuai dengan threads, bahkan untuk membuka attachments dengan aplikasi pihak ketiga dapat berjalan jauh lebih mudah dan lebih cepat.

iBook : Dengan iBook, Anda dapat mencari, membeli, dan membaca buku pada mobile iPhone yang Anda miliki. Hanya dengan sentuhan jari, Anda dapat mendownload dari iBookstore sambil mendengarkan koleksi musik kesayangan Anda. Anda dapat mendownload berbagai iBook gratis berdasarkan judul, penulis, ataupun genre. Anda bahkan dapat melihat review atau pun contoh halaman sebelum Anda memutuskan untuk membeli e-book yang Anda inginkan.

Enterprise: iPhone OS 4 menawarkan kemampuan enterprise yang jauh lebih baik dari sebelumnya. iPhone OS 4 memperkenalkan feature baru yang membuat iPhone jadi lebih baik untuk melakukan bisnis. Security yang lebih baik, kemampuan untuk mengelola e-mail, dan peningkatan integrasi memberikan Anda kemudahan dan fleksibilitas ke dalam perusahaan Anda.

Security : Dengan proteksi data yang lebih baik, SMS, e-mail, ataupun attachments yang disimpan pada iPhone Anda akan mempergunakan sebuah kata sandi sebagai encryption key. API protection data yang baru ini dapat dipergunakan untuk aplikasi komersial sehingga informasi penting menyangkut bisnis Anda dapat terlindungi dengan baik.

Wireless Distribution : Kebutuhan akan transfer file secara wireless antarpegawai merupakan satu hal yang sudah semakin marak dalam sebuah perusahaan. Dengan iPhone OS 4 ini keamanan distribusi file in-house sebuah aplikasi dapat dilakukan melalui WiFi ataupun dengan 3G. Dengan begitu mengupdate file ataupun aplikasi yang terdapat pada iPhone tidak lagi membutuhkan koneksi dengan komputer Anda.

Mobile Device Mangement : API Mobile device management yang baru dapat terintegrasi dengan solusi pihak ketiga secara wireless untuk mengonfigurasi, update, monitoring, setting, bahkan mengelola dengan kebijakan perusahaan. Semua ini dapat dilakukan dengan mudah pada iPhone OS 4.

SSL VPN Support : Dengan protocol baru ini, Anda dapat melakukan koneksi yang aman menuju jaringan perusahaan Anda melalui VPN on Demand. Untuk aplikasi dari Juniper dan Cisco akan mendukung SSL VPN pada iPhone. Pada iPhone OS 4, dukungan terhadap SSL VPN akan memberikan user cara aman untuk mengakses data dari perusahaan.

Apple melakukan perubahan banyak terhadap OS yang satu ini. Dengan lebih dari 1500 API baru, pengembangan yang terdapat pada iPhone OS ini sangat terasa dan memberikan nuansa baru dari pada iPhone sebelumnya. Dengan feature baru seperti multitasking membuat iPhone OS memiliki nilai lebih tersendiri.

Hal menarik lainnya adalah kompatibilitas terhadap perangkat lama yang telah beredar. Walaupun tidak semua perangkat dapat menjalankan iPhone OS 4 ataupun feature yang tersedia tidak semuanya dapat dijalankan. Namun, bagi pemilik iPhone 3G, iPhone 3GS, generasi ke 3 dari iPod touch, dan iPad tidak perlu membeli device baru untuk merasakan iPhone OS 4 ini. Untuk melihat sejauh apa feature-feature yang ditawarkan oleh Apple melalui iPhone OS 4 ini, nampaknya Anda harus bersabar sampai pada saat OS ini diluncurkan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES