in: Gadget | May 18, 2010 | by: Sony Hanifudin

Leaked: BlackBerry OS v6.0

Saat ini persaingan dalam pasar sistem operasi untuk handphone/smartphone/pda-phone sudah sangat ketat. Apple sudah menggarap iPhone OS 4 untuk mobile devicenya, sedangkan Microsoft sudah lama menggarap Windows Phone 7 yang sudah lama dinanti oleh para penggunanya. Seakan tidak ingin ketinggalan, Research In Motion juga menggarap OS yang saat ini sedang hangat dibicarakan. Berita akan keluarnya operating system baru dari Research In Motion (RIM) sudah sangat santer terdengar. Gosip akan diluncurkannya Blackberry OS V6.0 ini dibarengi dengan gosip akan diluncurkannya lima device baru dari RIM pada tahun 2010 ini.

Pada OS v6.0 ini Blackberry menawarkan berbagai hal baru untuk para usernya.

Browser


Berbagai fitur baru ditanamkan RIM kedalam browser OS v6.0 ini. Dukungan terhadap Adobe Flash ditanamkan pada browser terbaru ini. Hal ini bisa dilihat dari pernyataan dari CEO of Adobe, “You should see BlackBerry web browsers supporting Adobe Flash, hopefully by the end of the second quarter”.

Browser terbaru ini akan mendukung tab switching antara tab yang satu dengan lain.  Bila Anda pengguna Opera Mini 5, tentunya hal ini bukan hal baru lagi. Namun, untuk pengguna browser bawaan OS Blackberry, ini merupakan hal baru yang belum pernah ada di browser OS-OS seri sebelumnya, Anda dapat membuka satu web pada satu tab dan membuka web lainnya pada tab yang lainnya tanpa harus menutup tab sebelumnya.

Dengan WebKit web browser akan me-render halaman web pada mobile device sebagaimana tampilan browser pada desktop komputer. Hal ini sudah dilakukan oleh para pesaingnya seperti Android, iPhone, dan Windows Mobile 6.5.

Browser pada OS baru ini dilengkapi dengan multitouch. Browser terbaru yang ada pada OS v6.0 ini juga mendukung skin dengan tampilan yang menarik.  Hal ini dilakukan RIM untuk memaksimalkan penggunaan browser pada OS terbarunya ini.

Dengan berbagai fitur baru tersebut, tentunya para pengguna Blackberry akan semakin dimudahkan untuk melakukan browsing web ataupun hanya untuk sekedar membaca blog.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES