in: Motherboard | May 13, 2010 | by: Patrick

Motherboard – FOXCONN H55MX-S

Prosesor seri Core i5 6xx dan Core i3 5xx dari Intel adalah pilihan alternatif baru yang cukup menarik. Dengan 2 core fisik dan 2 core logical hasil teknologi Hypertreading, ditambah dengan graphics chip terintegrasi, kedua seri prosesor ini cukup menggiurkan, paling tidak dari sisi feature. Pasangannya pun bukan sembarangan. Pasalnya, graphics chip terintegrasi hanya bisa dijalankan dengan motherboard khusus yang mampu memanfaatkan kemampuan ini sekaligus menyediakan jalur output display yang sesuai. Meski terhitung masih baru, motherboard seperti itu sekarang sudah mulai banyak ditemukan, salah satunya adalah H55MX-S dari Foxconn yang baru saja “touch down” di pusat pengujian kami.

Chipset H55 Dari Intel

Motherboard dari Foxconn ini menggunakan chipset Intel H55, yang memang sejak awal ditujukan sebagai pasangan prosesor Intel dari keluarga Clarkdale (Core i5 6xx dan Core i3 5xx). Seperti motherboard lainnya yang berbasis Intel H55, Foxconn H55MX-S memiliki 2 jenis display output, yaitu DVI dan HDMI. Asalkan memakai Clarkdale, Anda bebas memilih diantara keduanya. Output audio pun sudah termasuk dalam sinyal HDMI. Namun, jika Anda memasang prosesor seri lain yang tidak memiliki on-die graphics, Anda harus menggunakan graphics card terpisah karena output display motherboard tidak akan menyala (chip grafis terdapat di prosesor, bukan di chipset motherboard). Hal sebaliknya juga berlaku. Apabila anda menancapkan Core i5 6xx atau Core i3 5xx pada motherboard yang tidak memiliki output display, maka kapabilitas grafis yang dimiliki prosesor akan menjadi percuma.

Sedikit membingungkan? Keputusan Intel mengeluarkan seri prosesor yang berbeda-beda dengan platform yang berbeda-beda pula memang menghasilkan keadaan yang berpotensi membuat pusing calon pembeli. Agar tak salah pilih, ada baiknya jika Anda amati terlebih dahulu platform apa saja yang tersedia di pasaran. Foxconn H55MX-S adalah motherboard untuk prosesor intel dengan socket LGA1156. Selain H55 ada beberapa chipset lain yang tersedia untuk platform ini. Mereka disebut sebagai chipset “series 5”.

Perlu diingat bahwa prosesor Intel dari keluarga Clarkdale dengan one-die graphics hanya bisa dimanfaatkan secara penuh (baca: chip grafis bisa terpakai) dengan chipset H55, H57, dan Q57. H55 sendiri tidak memiliki banyak perbedaan dengan dua saudaranya ini. Perbedaan mereka hanya terletak pada jumlah port USB serta lane PCI-Express, dan feature Intel Rapid Storage yang diterapkan pada H57 dan Q57. Lalu, apa saja prosesor dengan on-die graphics yang bisa dipakai? Sampai saat ini, di pasaran  sudah tersedia beberapa varian Clarkdale.

Selain prosesor yang tersebut di atas, di motherboard Foxconn H55MX-S, Anda dapat memasangkan prosesor seri lain dari Intel yang juga menggunakan basis socket LGA1156, seperti Core i7 870, misalnya. Akan tetapi, seperti yang telah disebutkan, Anda hanya akan mendapatkan fasilitas grafis terintegrasi apabila memasang prosesor dari keluarga Clarkdale.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES