in: Motherboard | May 27, 2010 | by: Oik Yusuf Araya

MSI 880GMA-E45: Platform All-in-one Andal untuk Thuban

Beralih ke bagian panel belakang, konektor yang dimiliki MSI 880GMA-E45 terbilang cukup lengkap. Anda yang berniat menggunakan graphics on-board motherboard ini bisa memilih di antara tiga jenis output display yang tersedia: D-SUB, DVI, dan HDMI. Graphics ATI Radeon HD 4250 yang terintegrasi di chipset AMD 880G memang mendukung penuh ketiga fungsi output display ini.

Selain itu, ada pula 6 buah port USB, dua di antaranya yang berwarna biru adalah port USB 3.0. Tunggu dulu, USB 3.0? Tentu saja, karena Southbridge SB850 tidak mendukung USB 3.0 secara native, produsen-produsen motherboard lantas menambahkan solusi mereka sendiri agar produknya dapat mendukung USB 3.0, tak terkecuali MSI dengan 880GMA-E45. Sebagai controller-nya, MSI memilih chip buatan NEC. Kami sempat menguji kinerja controller tersebut di kesempatan lain, dan hasilnya boleh dikatakan cukup memuaskan. NEC merupakan pembuat salah satu chip controller USB 3.0 terkencang yang berhasil kami temui sejauh ini. Pemasangan chip tersebut menggenapkan dukungan peripheral terbaru yang bisa Anda temukan di motherboard ini: SATA 6Gb/s dan USB 3.0.

Konektivitas yang disediakan di panel belakang cukup lengkap, termasuk tiga jenis output display yang dapat bebas Anda pilih

Dari total enam buah port USB, dua yang berwarna biru adalah port USB 3.0 yang mendukung kecepatan transfer data lebih tinggi dibandingkan port USB 2.0.

MSI 880GMA-E45 menggunakan chip controller USB 3.0 buatan NEC

Kerena menggunakan form factor Micro-ATX, dengan sendirinya motherboard ini hanya memiliki sedikit slot ekspansi. Hanya tersedia satu buah slot PCI-Express 16x, 2 buah PCI-Express 1x, dan satu buah slot PCI. Slot SATA berjumlah cukup banyak, yaitu 6 buah. Uniknya, slot SATA nomor 1 dan 2 ditempatkan pada posisi vertikal sehingga cocok untuk boot drive Anda, sementara sisanya mengambil posisi horizontal di bagian pinggir PCB motherboard, tepatnya di pojok kanan bagian bawah.

Slot SATA 1 dan SATA 2 ditempatkan menghadap ke arah atas

Sementara itu, untuk pernak-pernik ekstra yang disertakan dalam kemasan, MSI menyediakan barang-barang kebutuhan dasar seperti buku manual multi-bahasa, panduan instalasi, backpanel bracket, serta sebuah DVD berisi driver dan utility. Ada pula buku manual khusus untuk software MSI Control Center yang disertakan dalam DVD. Sayangnya, MSI hanya menyediakan Kabel IDE dan SATA masing-masing sebanyak satu buah saja. Meskipun tidak terlalu penting, mungkin akan lebih baik jika ada lebih banyak kabel SATA yang disertakan. Akan tetapi, peralatan tambahan yang disediakan masih termasuk cukup untuk kelas harganya.

Inilah peralatan pelengkap yang terdapat dalam paket penjualan MSI 880GMA-E45
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES