in: Movies | May 31, 2010 | by: Lucky Natalia

Ocean – “Opera” Laut yang Menyayat Hati

Mungkin banyak dari Anda yang mengira bahwa film dokumenter lebih cocok untuk disaksikan oleh anak-anak untuk menambah pengetahuan mereka. Tapi, untuk film yang satu ini, tidak hanya anak-anak yang harus menyaksikan, Anda para dewasa pun harus menengok film ini. Film yang rilis bertepatan dengan Hari Bumi yang ke-40, 22 April lalu, ini dibuat khusus untuk menunjukkan kepada dunia, kehidupan bawah laut yang sebenarnya.

Dua sutradara ternama Prancis, Jacques Perrin dan Jazques Cluzaud, menyusuri 50 lautan di dunia selama empat tahun untuk mendapatkan sebuah film dokumenter yang sanggup “berbicara”. Walau dikatakan sebagai dokumenter, film ini tidak menyertakan narator seperti layaknya film dokumenter pada umumnya. Perrin dan Cluzaud menggantinya dengan memberikan urutan cerita, semacam kisah dari tiap makhluk laut yang ada. Tercatat, sebanyak 91 spesies makhluk laut muncul dalam film ini, lengkap dengan kisahnya masing-masing.

Film ini lebih tepat disebut sebagai “opera laut”, apalagi didukung dengan penataan musik yang tepat sehingga menambah kesan dramatis (angkat topi untuk penata musik, Bruno Coulais). Perrin sendiri mengategorikan film ini ke dalam wildlife opera, yang memancing emosi setiap orang yang menyaksikannya.

Ocean menyajikan berbagai kehidupan bawah laut di berbagai penjuru lautan di dunia. Bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling, dijamin akan sangat jatuh cinta pada film ini. Tim photography dan visual effect Ocean akan memanjakan mata Anda dengan puluhan scene yang indah yang belum pernah Anda lihat di film dokumenter mana pun. Karena dibuat dalam rangka kampanye penyelamatan bumi dan laut, film ini juga menyoroti tindakan manusia yang menangkapi hewan-hewan laut langka untuk kebutuhan komersial dengan cara yang sangat tidak manusiawi. Mari selamatkan lautan kita!

Tanggal rilis: 22 April 2010
Genre: dokumenter
Durasi: 93 menit
Sutradara: Jacques Perrin, Jacques Cluzaud
Art director: Arnaud Le Roch
Visual effect: Nicolas Chevallier
Produksi: Disneynature

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES