LOGO

Sony VAIO Seri P Terbaru Lengkap dengan GPS dan Akselerometer

Beberapa waktu lalu, Sony Jepang sedikit menggoda para penggemarnya dengan sebuah iklan. Di iklan tersebut terdapat gambar dua buah clip kertas dan terdapat tulisan, “VAIO New Ultra Mobile”. Saya sempat berpikir, apakah Sony akan kembali menambah seri baru jajaran VAIO-nya? Ternyata saya tidak butuh waktu lama untuk menemukan jawabannya. Beberapa minggu setelah pemasangan iklan tersebut, Sony menambah anggota baru VAIO Seri P yang merupakan jajaran notebook terkecil yang dimiliki Sony.

Ada beberapa penambahan komponen baru di notebook baru ini. Sony menambahkan akselerometer, GPS, dan dua buah tombol di samping kiri dan kanan layar. Ketiga komponen baru tersebut diadakan untuk mendukung fungsi dasar Sony VAIO Seri P, yaitu mobilitas.

Pengguna dapat menggunakan notebook ini sambil berjalan. Pengguna tidak perlu memindahkan kursor mouse menggunakan trackball yang ada di tengah keyboard atau touchpad yang ada di bawah keyboard. Pengguna dapat menggunakan tombol di sebelah kiri untuk menggerakan kursor mouse atau tombol yang ada di sebelah kanan layar untuk klik kiri atau kanan mouse.

Pengguna juga dapat memanfaatkan anggota baru seri P ini sebagai e-book reader. Jika pengguna memutar notebook ini ke posisi potrait, maka secara otomatis tampilan layar juga akan berubah ke arah potrait. Hal tersebut dimungkinkan karena adanya akselerometer yang ditanam di dalam notebook.

GPS yang dipasang di notebook baru ini menawarkan sebuah feature peta real-time tanpa harus dihubungkan ke web browser. Posisi pengguna akan terlihat langsung di peta. Tempat-tempat yang biasa dikunjungi, seperti mal, rumah sakit, pompa bensin, dan lain-lain juga akan muncul di peta.

Untuk mendukung mobilitas para pengguna, Sony sengaja mendesain notebook ini sekecil mungkin. Hasilnya lahir lah sebuah notebook dengan berat 1.4 pound (0,7 kg) dan besar layar sebesar 8 inci. Notebook ini mampu mendukung resolusi yang cukup besar, yaitu hingga 1600×768.

Notebook VAIO seri P ini menggunakan prosesor terbaru dari Intel, Z530 1.6GHz. Masih belum puas menggunakan prosesor tersebut? Pengguna dapat menggantinya dengan seri Z560.

Sony VAIO seri P terbaru ini baru akan keluar di Amerika Serikat terlebih dahulu. Belum ada tanggal pasti kapan notebook ini hadir di Indonesia. Di Amerika sendiri, Sony akan membanderol notebook ini dengan harga USD799.

Random Articles
Back to Top