in: Storage Devices | May 20, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Western Digital Black 500 GB

Pemakaian komputer tentu tidak akan luput dari pemakaian hard disk. Hard disk digunakan sebagai media penyimpanan data utama. Selain itu, hard disk juga umum dipakai sebagai media untuk mem-boot komputer. Pemakai hard disk tentu saja bukan hanya pengguna rumahan, tetapi para profesional juga membutuhkan hard disk dalam mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu, kebutuhan akan hard disk tidak hanya terpaku pada kapasitasnya saja, tetapi juga kecepatannya. Western Digital menjawab kebutuhan tersebut dengan merilis hard disk dengan kode WD5001AALS ini. Kelas Black berarti bahwa hard disk ini memiliki performa tertinggi di antara ketiga kelas hard disk dari Western Digital.

Hard disk ini memiliki cache sebesar 32MB. Tentunya dengan cache sebesar itu, performa pencarian data pada hard disk ini akan lebih baik. Kecepatan rotasi platter pada hard disk ini adalah 7200RPM. Untuk jumlah platternya sendiri, hard disk ini memiliki dua versi, yaitu single platter dan dual platter. Tampaknya, hard disk yang kami dapat memiliki dua buah platter. Hard disk ini cukup panas saat beroperasi. Pada kondisi idle, hard disk ini memiliki suhu 45 derajat celcius. Pada kondisi full load, panasnya mencapai 51 derajat celcius. Oleh karenanya, kami cukup menyarankan pemakaian pendingin tambahan pada hard disk ini.

Western Digital telah mempersenjatai hard disk ini dengan berbagai teknologi terbaru mereka. Di antaranya adalah StableTrac yang menjamin stabilitas platter saat pengoperasian serta No Touch Ramp Load yang menjamin head tidak akan menyentuh piringannya.

Pengujian Kinerja

Oke, sekarang mari kita uji kinerja hard disk ini. Hard disk ini kami uji dengan menggunakan test bed berikut ini:

  • Prosesor: Intel Core i5 650
  • Motherboard: Intel P55
  • Media penguji: 2x Intel SSD 40GB pada mode RAID 0
  • RAM: 2x 2 GB
  • Graphics card: ATI Radeon HD 5670

Software pengujian pertama yang kami pakai adalah HDTune.

HDTune Read
Max 91.3 MB/s
Average 75.1 MB/s
Min 45.7 MB/s
Access Time 12.6 ms
Burst Rate 105.3 MB/s
HDTune Write
Max 91.2 MB/s
Average 74.6 MB/s
Min 45.1 MB/s
Access Time 12.6 ms
Burst Rate 104.4 MB/s

Tampak pada grafik di atas kinerja baca dan tulis yang seimbang. Pada screenshot di atas, suhu menunjukkan angka pada 51 derajat celcius persis setelah pengujian. Walaupun begitu, kinerja rata-rata hard disk ini cukup baik untuk sebuah hard disk dengan kapasitas 500 GB.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES