Windows Phone 7 – Microsoft Belum Menyerah

Reading time:
May 2, 2010

Melihat perkembangan mobile phone saat ini, nampaknya Microsoft sudah lama tidak meluncurkan sebuah OS untuk kategori ini. Para pesaing mereka berhasil mengambil pangsa pasar yang ada lewat berbagai produk unggulannya. Kini, Microsoft tidak tinggal diam, dengan  proyek terbarunya Windows Phone 7, Microsoft mencoba untuk kembali berlaga di dunia sistem operasi untuk perangkat mobile.

windowsphone

Sebenarnya Windows Phone 7 ini direncanakan akan diluncurkan pada 2009. Namun karena pertimbangan tertentu Microsoft menunda peluncuran Windows Phone 7, dan sebagai penggantinya Microsoft meluncurkan Windows Mobile 6.5.xx yang kini banyak ditemui di pasaran.

Pada Mobile World Congress di Barcelona  2010 beberapa waktu yang lalu, Microsoft mengungkapkan detail dari Windows Phone 7 serta feature baru yang ada seperti integrasi dengan Xbox Live dan Bing Service. Sebelumnya, Windows Phone 7 ini bernama “Windows Phone 7 Series”. Namun semenjak 2 April 2010, Microsoft mengumumkan untuk tidak mempergunakan kata “Series tersebut sehingga menjadi “Windows Phone 7”.

Application Development

Pengembangan aplikasi Windows Phone 7 dilakukan Microsoft berdasarkan Silverlight, XNA, dan .Net Compact Framework. Tools utama yang digunakan untuk pengembangan softwar adalah Microsoft Visual Studio 2010 dan Expression Blend. Detail lebih lanjut mengenai pengembangan aplikasi untuk Windows Phone 7 telah diumumkan pada MIX10 conference pada 15 Maret 2010.

Untuk mencegah pembajakan software, Microsoft mengambil langkah aplikasi yang berjalan pada Windows Phone 7 hanya berjalan bila mendapat persetujuan dari Microsoft dan hanya terdapat melalui Windows Phone Marketplace.

Interface

Windows Phone 7 didesain untuk digunakan semudah mungkin dan lebih finger friendly dengan teknologi multitouch dibandingkan dengan pendahulunya. Main homescreen yang pada Windows Phone 7 disebut “Metro” . Secara kasat mata, Windows Phone 7 ini nampak seperti Zune HD dan itu termasuk 3D effect dan transisi animasinya. Zune style, Xbox Live, dan social networking aplikasi akan terintegrasi dalam Windows Phone 7.

Microsoft telah medesign ulang homesrceen dengan mempergunakan model ‘Tiles’, . Pada model ini, homescreen Windows Phone 7 dapat di-scroll secara vertikal. Homescreen ini juga dapat di-customize menjadi Quicklaunch, Links ke dalam daftar kontak, ataupun Widget. Tiles akan di-update secara dinamis dan real-time. Content yang tersedia dapat di-update melalui feature yang diberi nama “Hubs” ataupun di-update secara online.

Dari berita yang beredar, Windows Phone 7 mungkin tidak akan mendukung feature multitasking untuk aplikasi pihak ketiga. Selain itu, feature Copy dan Paste mungkin juga tidak akan diikut sertakan pada OS ini. Cukup mengejutkan bila feature ini tidak disertakan sebab feature ini merupakan feature standar dari PDA/Smartphone yang beredar saat ini.

Microsoft mengatakan bahwa feature copy dan paste akan diikut sertakan bila user mengupdate secara online melalui Windows Phone Update dan akan memberikan beberapa feature baru lainnya. Saat ini, emulator Windows Phone 7 sudah mendukung multitasking.

Hardware Requirement

Hardware requirement  minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows Phone 7 ini memang cukup tinggi. Microsoft sendiri memberikan pernyataan “tough but fair”  untuk semua manufaktur hardware yang menjadi rekan Microsoft. Semua Windows Phone 7 device akan memiliki 5 button (Start, Bing Search, Camera, Back, dan Power) , serta kemampuan FM Radio.

Hardware requirment lain agar dapat menjalankan OS ini adalah WVGA 800 x 400 display multi-touch, 1 GHz CPU, GPS chip, kompas, accelerometer, 8 GB flash memory. Sementara itu untuk physical keyboard merupakan opsional untuk para manufacture. Windows Phone 7 tidak mendukung slot memory expansion card.

Upgrading

Beberapa rumor yang beredar mengatakan para pemilik device Windows Mobile 6.5 dapat mengupgrade devicenya ke Windows Phone 7. Namun, hal ini dibantah oleh Natsha Kwan (Microsoft General Manager untuk Mobile Communication in Asia). Menurutnya, hal ini tidak memungkinkan, karena sampai saat ini belum ada phone device yang memenuhi persyaratan minum hardware dari Windows Phone 7.

Hal ini juga dikonfirmasikan pada MIX10 conference oleh Joe Belfiore  (Cooperate Vice President dan Directore of Windows Phone Program Management). Menurutnya,  sampai saat ini belum ada device yang memenuhi persyaratan, bahkan HTC HD2 sekalipun tidak dapat memenuhi persyaratan minimum hardware untuk dapat diupgrade ke Windows Phone 7.

Software Updated

Berdasarkan dokumentasi dari Microsoft, update software dapat dilakukan melalui Microsoft Update melalui device ataupun melalui Windows Desktop dan untuk para pengguna Zune HD juga tersedia. User akan diberikan notifikasi ketika ada update baru dari Microsoft.

Microsoft berencana untuk memaksimalkan proses update pada Windows Phone 7 secara efektif. Dalam hal iniMicrosoft telah berbicara ide mengenai feature “Delighter”. Feature ini memungkinkan update dilakukan secara berkala dengan cara yang menarik. Sementara itu, untuk aplikasi pihak ketiga dapat diupdate melalui Windows Marketplace. Selain mencegah pembajakan software, hal ini dilakukan untuk memaksimalkan aplikasi yang berjalan pada Windows Phone 7.

Browser

Untuk browser, Andy Lees (Microsoft senior Vice-President of Mobile Communication) mengatakan bahwa Internet Explorer untuk Windows Phone 7 tidak mendukung Adobe Flash dengan alasan untuk meningkatkan performa. Menanggapi hal ini pihak Adobe System mengkonfirmasikan “Pengembangan Flash untuk Windows Phone 7 telah melibatkan Microsoft”.

Nampaknya Microsoft menginginkan produknya kali ini lebih efisien dan mudah dipergunakan untuk para usernya. Dilihat dari sisi feature yang terdapat pada Windows Phone 7, Microsoft menawarkan sesuatu yang berbeda dari para pesaingnya.

Namun, sangat disayangkan beberapa feature yang seharusnya ada pada saat Windows Phone 7 ini diluncurkan baru dapat ditemui apabila perangkat tersebut diupdate. Hal ini cukup aneh mengingat Windows Phone 7 ini seharusnya memiliki feature-feature standar (multi-tasking, copy-paste) tersebut. Untuk mengetahui detail lebih lanjut mengenai Windows Phone 7 ini nampaknya Anda harus menunggu saat Microsoft meluncurkan produknya ini secara resmi.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…