in: Movies | June 14, 2010 | by: Lucky Natalia

Brooklyn Finest: Menjadi Polisi Memang Tidak Mudah

Berpikir bahwa menjadi polisi itu mudah? Setidaknya itu bukan yang ada di pikiran Eddie Dugan (Richard Gere), Salvatore “Sal” Procida (Ethan Hawke), dan Clarence “Tango” Butler (Don Cheadle). Tiga anggota kepolisian tersebut bertugas di tempat rawan, Brooklyn. Walau berada dalam kesatuan dan wilayah yang sama, dalam film ini ketiganya tidak saling berpautan.

Eddie Dugan, seorang polisi senior yang hampir pensiun, berharap dapat menjalani hari-hari terakhirnya tanpa masalah berarti. Namun, di penghujung karirnya, ia malah harus “menyelesaikan” sebuah masalah yang tidak pernah terbayang sebelumnya. Sedangkan itu, Sal Procida adalah seorang polisi berhonor rendah yang memiliki lima orang anak dan seorang istri yang sedang mengandung anak kembar. Himpitan ekonomi dan keadaan istrinya yang kritis membuatnya harus berjuang keras mengumpulkan uang untuk melanjutkan hidup keluarganya. Terakhir adalah Tango, seorang polisi yang menyamar menjadi preman dan ditugasi menangkap seorang kriminal kelas kakap. Konflik batin menderanya saat ia tahu bahwa target kepolisian adalah sahabat karibnya yang pernah menyelamatkan jiwanya. Di sisi lain, ia sangat membutuhkan promosi jabatan untuk mengembalikan hidupnya yang sempat hancur akibat kesalahan masa lalu.

Film ini memiliki tema dan plot yang cukup sederhana. Apalagi, cara penceritaan yang saling-tidak-bertautan-namun-berhubungan-secara-tidak-langsung merupakan cara yang cukup unik dan mampu menghasilkan kisah yang apik. Kita dapat menengok kembali film-film dengan bentuk yang serupa, seperti He Just not That Into You (2009) dan Valentine’s Day (2010). Lalu, apakah Brooklyn Finest berhasil mengemas cara tersebut dengan baik? Jawabannya: tidak. Usaha Antoine Fuqua untuk menggunakan cara yang berbeda dari film pada umumnya dianggap gagal. Hasilnya, film ini justru terlihat dangkal dan plotnya menjadi tidak beraturan. Tema utama film ini malah menjadi blur karena perluasan konflik di dalamnya. Yang lebih disayangkan lagi, penampilan Richard Gere di film ini sama sekali tidak memuaskan. Karakter Eddie Dugan yang dimainkannya tidak mendalam, entah kesalahan ini terletak di mana mengingat Richard Gere pernah tampil prima dalam The Jackal (1997) dan film terakhirnya, Hachiko: A Dog’s Story (2010).

Tanggal rilis: 5 Maret 2010 (US)
Genre: action/crime
Durasi: 132 menit
Sutradara: Antoine Fuqua
Pemain: Richard Gere, Don Cheadle, Ethan Hawke, Wesley Snipes
Produksi: Thunder Road Film Productions

Share This: