in: Storage Devices | June 14, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Kingston SDHC 16 GB Class 10: Debut Kingston di Class 10

Kingston merupakan pemain lama pada bidang storage yang sudah lama dikenal. Kali ini, Kingston memulai debut terbarunya pada pasar Secure Digital High Capacity. Kingston mengeluarkan SDHC dengan kapasitas 16 GB dan memiliki rating Class 10. Class 10 menunjukkan bahwa SDHC ini memiliki kemampuan dalam menulis data minimal 10 MB/s.

Tentunya dengan keluarnya SDHC dengan rating yang lebih tinggi akan membuat sebuah pekerjaan lebih mudah. Kita lihat saja pada orang yang memiliki pekerjaan yang harus menggunakan kamera video digital. Penulisan file video secara sequential pada card ini tentu akan membuat video yang dibuat akan lebih baik dan lebih cepat. Hal ini bisa jadi membuat hasil video yang bebas lag. Pada kamera digital, hal ini dapat membuat hasil jepretan pada mode burst lebih banyak karena penulisannya yang lebih cepat.

Kingston SDHC 16 GB Class 10 yang kami dapatkan ternyata diproduksi di Taiwan. Hal ini tertera pada bagian belakang kartu memori tersebut. Pada SDHC ini juga terdapat pin untuk write-protect, sehingga SDHC ini bisa terlindung dari virus komputer saat dibaca pada sebuah laptop.

Pengujian

Pengujian kali ini kami menggunakan test bed berikut ini:

  • Prosesor: Intel Core i7 930
  • Motherboard: Intel X58
  • Media penguji:  Western Digital Black 500GB
  • RAM: 3x 1 GB
  • Graphics card: NVIDIA GeForce GTX 275
  • Card Reader: 17 in 1 Card Reader

Untuk itu mari kita langsung saja melihat kinerja yang dihasilkan oleh SDHC ini.

Crystal Disk Mark


SDHC ini mampu membaca data sampai pada kecepatan 19.46 MB/s. Sedangkan untuk membaca data secara acak dengan besaran 512K, SDHC ini mampu membacanya dengan kecepatan 14.96 MB/s. Untuk pembacaan data dengan besaran 4KB, kecepatannya mencapai 1.2 MB/s.

Untuk membuktikan rating Class 10-nya, Write test harus dinyalakan. Untuk penulisan secara sequential cukup membuktikan bahwa SDHC ini mampu menulis pada kecepatan 13.13 MB/s. Sayangnya, random write SDHC ini tidak sekencang sequentialnya. Pada penulisan data 512K secara acak, kecepatannya mencapai 0.3 MB/s.

I/O Meter

Selanjutnya, kami menggunakan I/O METER untuk menguji SDHC ini.

Hasil yang dikeluarkan oleh I/O METER tidak jauh berbeda dengan apa yang dihasilkan oleh Crystal Disk Mark. Untuk pembacaan sequential, I/O METER mendeteksi SDHC Kingston 16 GB Class 10 ini pada kecepatan 18.54 MB/s. Untuk penulisan secara sequence, I/O METER mendeteksi SDHC ini mampu menulis pada kecepatan 13.08 MB/s

Untuk tes random, SDHC ini mampu menulis data dengan besaran 4KB pada kecepatan 0.03 MB/s. Sedangkan untuk membacanya, kecepatan SDHC ini mencapai 0.46 MB/s.

Tes Copy File

Pengujian yang satu ini merupakan pengujian yang cukup penting karena dapat mencerminkan pemakaian SDHC sebenarnya. Ada empat buah skenario yang kami gunakan. Kami menggunakan sejumlah file dengan besaran 3 GB per pengujian. Pengujian tersebut mengkopi file-file tadi dari dan ke dalam SDHC tersebut. Mari kita lihat

Pada pengujian kali ini, hasil yang kurang memuaskan terdapat pada pengujian transfer 3 GB file-file kecil ke dalam SD. Pengujiannya memakan waktu 8:28 menit. Saat melakukan transfer file besar dengan jumlah 3 GB, kecepatannya meningkat hampir 50%-nya.

Kesimpulan

Dewasa ini, penggunaan SDHC tidak hanya didominasi oleh fotografer atau kameraman. Dengan meningkatnya penggunaan notebook, SDHC juga sering digunakan layaknya menggunakan USB Flash Disk. Hal ini disebabkan oleh setiap model notebook saat ini sudah menyertakan sebuah SDHC Card Reader. Tidak hanya itu, beberapa netbook yang memakai sistem operasi Microsoft Windows 7 memakai SDHC untuk mengaktifkan feature ReadyBoost untuk meningkatkan kinerja netbook itu sendiri. Bagi pengguna netbook keluaran awal, penggunaan SDHC sangat baik untuk menambah kapasitas penyimpanan data.

Oleh sebab itu, SDHC Kingston 16 GB Class 10 ini sangat baik digunakan oleh semua orang. Untuk kameraman, Class 10 menjamin penulisan file video yang lebih cepat. Untuk fotografer, kecepatannya dapat digunakan saat melakukan burst shot. Bagi pemilik netbook dan notebook, SDHC Class 10 sangat baik untuk digunakan sebagai bank data atau penambah kapasitas penyimpanan data. Walaupun begitu, karena rating Class 10 baru, harga yang dimiliki oleh SDHC ini sudah pasti lebih tinggi dibandingkan dengan Class yang ada di bawahnya.

Kelebihan:

  • Sequential Read sangat baik
  • Sequential Write baik
  • Write Lock pin

Kekurangan:

  • Random Read-nya kurang kencang
  • Random Write 4K kurang kencang
Produsen Kingston
Info http://www.kingston.com.tw
Harga Sekitar $50
Distributor Kingston.com/asia
Telepon
Rating Class 10
Kapasitas 16 GB
Dimensi 24mm X 32mm X 2.1mm
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES