in: Storage Devices | June 21, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Kingston V Series 30 GB: Boot Drive Berkapasitas Terkecil dari Kingston

Pengujian

Karena Kingston membundel SSD ini dengan twin pack, kami pun juga menguji SSD ini pada mode RAID-0 dengan menggunakan dua buah SSDnow V Series 30 GB.

Lalu bagaimana dengan pembandingnya? Kami membandingkan SSD ini dengan SSD Intel yang paling terjangkau, X25-V 40 GB. SSD dari Intel ini kembali kami tes karena kami mengubah platform pengujian dari prosesor Intel i5 650 ke i7 930. Berikut adalah detail lengkap dari platform pengujian kami:

  • Prosesor: Intel Core i7 930
  • Motherboard: Intel X58
  • Media Penyimpanan: 2x Western Digital Black 500GB pada mode RAID 0
  • RAM: 3x 1 GB
  • Graphics card: NVIDIA GeForce GTX 275

HDTune


Pada pengujian pembacaan, SSD dari Kingston ini ternyata memiliki kecepatan yang sangat baik. Kecepatan bacanya dapat melebihi 200 MB/s! Saat dijalankan pada mode RAID-0, kinerjanya bertambah hampir dua kali lipatnya. Walaupun begitu, ternyata SSD dari Intel masih memiliki kinerja yang lebihbaik. Pada hard disk, kinerja bacanya cukup jauh dibelakang.

Pada pengujian pembacaan, SSD dari Kingston ini ternyata memiliki kecepatan yang sangat baik. Kecepatan bacanya dapat melebihi 200 MB/s! Saat dijalankan pada mode RAID-0, kinerjanya bertambah hampir dua kali lipatnya. Walaupun begitu, ternyata SSD dari Intel masih lebih baik kinerjanya. Dan pada hard disk, kinerja bacanya cukup jauh di belakang.

Access time dari SSD sudah pasti yang paling kencang. Dapat dilihat kinerja access timenya tidak ada yang melebih 1 milidetik.

Untuk burst ratenya, dapat dilihat untuk RAID-0 kinerjanya terpaut sangat jauh di depan.

I/O Meter


I/O meter mendeteksi pada kinerja sequential, kedua SSD ini hanya dapat membaca pada kinerja kurang dari 140 MB/s. saat di mode RAID-0 kinerjanya juga berbeda dengan program benchmark sebelumnya. Sedikit keunikan pada kinerja tulis Kingston V Series di mode RAID-0 dapat mencapai angka lebih dari 100 MB/s.

Untuk kinerja random write dan read, sepertinya Intel masih belum bisa dikalahkan pada kelas value. Walaupun begitu, Kingston memiliki kinerja yang jauh lebih tinggi dibandingkan hard disk.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES