in: Storage Devices | June 1, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Kingston V Series: V vs V+

Saat ini, SSD (Solid State Disk) sudah merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan performa keseluruhan sistem. Tentu saja, semua produsen memori berlomba-lomba untuk mengeluarkan SSD. Kingston adalah salah satunya. Tahun lalu Kingston mengeluarkan SSD dengan kode SNV225 dengan nama Kingston SSDNow V+ (baca: V Plus) Series. SSD ini memakai controller dari Samsung dan memakai memori dengan jenis MLC. Beruntung, tim Jagat Review mendapatkan kiriman SSD ini. Kami diberikan SSD dengan kapasitas 64 GB. Sayangnya, SSD Kingston V+ SNV225 saat ini sudah tidak diproduksi lagi.

Sampai saat ini, firmware yang bisa mengaktifkan TRIM belum ada untuk SNV225. Kami sudah mencari ke website resmi Kingston, namun hasilnya nihil. Hal ini cukup disayangkan karena TRIM sangat baik untuk memperpanjang siklus penulisan serta mempertahankan performa memori NAND yang dipakai.

Selain SSD SNV225, kami juga kedatangan SSD Kingston yang lebih baru lagi. Kode SSD tersebut adalah SNV 425. SNV 425 yang datang ke lab tim Jagat Review memiliki kapasitas yang sama, yaitu 64 GB. Nama dari SSD ini adalah Kingston SSDNow V Series (tanpa tambahan plus). SNV 425 ini memakai kontroler buatan JMicron. Pada website resminya, spesifikasi SNV 425 tertulis sudah mendukung TRIM, “Supports TRIM – Enhances device wear leveling by eliminating merge operation for all deleted data blocks

Baiknya, pada paket penjualan SNV425, Anda diberikan beberapa bonus yang cukup menarik.

SSD Kingston SNV425 ini bisa dijadikan sebagai external storage. Kingston memberikan sebuah external enclosure lengkap beserta kabel USB-nya. Selanjutnya, Kingston juga memberikan sebuah CD lengkap dengan software cloning hard drive. Jadi, dengan memiliki SNV425, Anda bisa menggunakannya sebagai storage utama pada komputer Anda dan juga bisa digunakan sebagai media storage yang mobile.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES