in: Storage Devices | June 1, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Kingston V Series: V vs V+

Pengujian Kinerja

Oke, sekarang mari kita menuju ke bagian yang paling ditunggu-tunggu, uji kinerja SSD. SSD ini kami uji dengan menggunakan test bed berikut ini:

  • Prosesor: Intel Core i5 650
  • Motherboard: Intel P55
  • Media penguji: 2x Western Digital Black 500GB pada mode RAID 0
  • RAM: 2x 2 GB
  • Graphics card: ATI Radeon HD 5670

Pada pengujian kali ini, kami akan membandingkan antara SNV225, SNV 425, dan dibandingkan dengan hard disk. Untuk itu, mari kita lihat pada pengujian HDTune.

HDTune


Kingston V Series atau SNV 425 yang lebih baru memiliki kinerja baca secara sequential yang paling unggul pada pengujian baca dengan menggunakan HDTune.

Pada pengujian penulisan, hard disk unggul diatas Kingston V+ atau SNV 225. Pada beberapa kasus, SNV 225 memiliki kinerja tulis maksimum yang tinggi. Walaupun begitu, kinerja tulis keduanya masih kalah dengan SNV 425. Kami juga cukup terkejut dengan perolehan kinerja penulisan minimumnya yang mencapai 6.9 MB/s. Saking penasarannya, kami bahkan menguji SSD yang satu ini lebih dari lima kali dan tetap saja mendapatkan hasil yang kurang lebih sama.

Untuk access time, SNV225 ternyata lebih unggul dibandingkan dengan SNV425. Walaupun begitu, tidak akan terasa bedanya waktu akses yang hanya 0.1 milidetik.

Burst rate yang dimiliki SNV225 ternyata paling unggul di sini. SNV 425 yang ternyata cukup terpuruk.

I/O Meter


Untuk urusan random read, ternyata SNV 225 masih lebih unggul dibandingkan dengan SNV 425. Akan tetapi ternyata random writenya jauh mengungguli SNV 225 dan hard disk. Hard disk pun ternyata random write-nya lebih baik dibandingkan dengan SNV225.

Sama seperti pengujian sequential sebelumnya, SNV 425 disini mengungguli semua peserta yang ada.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES