in: News | June 1, 2010 | by: Patrick

Komputasi Berkelanjutan dari Intel

Team Jagat Review berkesempatan meliput acara press conference Intel yang berlangsung di Plenary Hall Grand Hyatt Hotel, Taiwan. Bertepatan dengan perhelatan akbar Computex 2010.  Konferensi yang diberi nama e21forum ini mendaulat David Perlmutter, Executive VP, General Manager, Intel Corporation sebagai pembicara pertama.

David memulai presentasi Intel

David mewakili Intel memperkenalkan inisiatif baru yang diusung dengan tajuk “Compute Continuum”. Dukungan Intel untuk Compute Continuum ini dimulai dari arsitektur Intel yang berada di layer paling bawah sebuah system. Selanjutnya Intel memberikan dukungan sistem operasi yang kompatibel seperti MeeGo, Android, dan lain-lain. Intel juga mendukung pengembang perangkat lunak dengan cara memberikan API dalam bentuk AppUp, serta dukungan pendistribusian aplikasi lewat channel-channel umum lainnya.

Itulah beberapa dasar dari presentasi Intel yang dibawakan oleh David. Pada dasarnya, keynote speech ini digunakan Intel untuk memperkenalkan produk baru mereka, prototype produk, dan juga rencana produk mereka kedepannya.

Intel Wireless Display (WiDi)

Teknologi Wireless Display dari Intel ini memungkinkan pengguna untuk mengkoneksikan perangkat mobile mereka ke display tanpa menggunakan kabel.

Sandy Bridge

Arsitektur terbaru Intel yang merupakan penerus dari Nehalem ini diperkenalkan pada presentasi kali ini. Walau Intel belum memberikan kepastian resmi kapan Sandy Bridge akan dirilis, pada presentasi kali ini mereka menampilkan demo yang sangat menarik. Pada salah satu demo yang ditampilkan, sebuah laptop yang dipasang Sandy Bridge dapat memainkan Mass Effect 2 dengan setting maksimal, tanpa penurunan frame rate yang berarti.

Demo Sandy Bridge dengan menggunakan dua laptop

Intel Atom Dual Core

David juga memperkenalkan arsitektur terbaru untuk Intel Atom, yaitu penggunaan Dual Core untuk Intel Atom. Hal ini tampaknya memperkuat strategi Intel dalam pasaran netbook. Dengan Atom Dual Core ini, Intel meng-klaim dapat melakukan melakukan playback video 720P tanpa lag (dibuktikan lewat salah satu demo), serta smooth browsing pada netbook yang menggunakan Atom Dual Core.

David membantu Mark pada saat melakukan demo kemampuan dari Intel Atom Dual Core

Oak Trail

Intel juga mulai mendukung perangkat portabel dengan memfokuskan pada pengembangan prosesor Intel Atom seri Z6xx atau yang dikenal dengan codename “Oak Trail”. Jika Intel memposisikan prosesor dengan codename Moorestown untuk perangkat handheld atau mobile phone, sekarang target utama mereka adalah tablet. Booming tablet baru-baru ini membuat Intel memfokuskan pengembangan Intel Atom z6xx dengan codename “Oak Trail” ini untuk tablet dengan dukungan sistem operasi seperti Android, MeeGo, atau bahkan Windows based operating system.

Beberapa Tablet berbasis Oak Trail yang akan diluncurkan.

Team Jagat Review membuat pembahasan lebih lanjut untuk Oak Trail.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES