Produk-produk High-end dari GEIL

Reading time:
June 11, 2010

Jumat, 4 Juni, hari terakhir sebelum Computex 2010 dibuka untuk umum, tim Jagat melakukan aksi “sapu bersih” arena pameran di Nan Gang Exhibition Center untuk memastikan kami tidak melewatkan hal yang menarik. Di lantai pertama pusat pameran yang terdiri atas 5 lantai itulah, kami menemukan booth milik GEIL, perusahaan yang namanya merupakan singkatan dari Golden Emperor International Ltd. Sesuai dugaan, GEIL memajang produk-produk memori andalan mereka (kelas high-end) di tempat yang paling menarik perhatian: persis di tepi koridor tempat orang berlalu-lalang.

Produk yang dipajang, lebih tepatnya, berupa modul memori berkecepatan tinggi dalam keadaan terpasang di sistem utuh, lengkap dengan window beberapa program di monitornya untuk menunjukan tingginya frekuensi kerja memori yang bersangkutan. Salah satu primadona di booth Geil ini adalah modul memori seri Ultra Plus, DDR3-RAM berkecepatan 2000 MHz (PC3-16000) dengan timing CL7 yang dirancang khusus untuk sistem AMD. Ia datang dalam kemasan kit dual-channel yang memuat sepasang modul memori.

ultraplus
GEIL Ultra Plus, memori high-end untuk sistem AMD

ultraplus2
Ultra Plus in action, tertancap di sebuah sistem dengan keadaan menyala

Saat sedang melihat-lihat modul Ultra Plus, sesorang menghampiri kami dan mengajak berkenalan (bukan, dia bukan cewek, melainkan seorang laki-laki bertubuh tinggi dan kekar… sayangnya). Dia adalah Ric Chang, Field Application Engineer dari GEIL yang siap memberikan keterangan tentang produk perusahaannya pada jurnalis. “Selain Ultra Plus, kami juga mempunyai modul memori berkinerja tinggi lain, yang merupakan andalan kami untuk saat ini,” kata Ric sambil mengarahkan kami ke sebuah etalase kaca, tak jauh dari tempat Ultra Plus bercokol.

Di dalam etalase kaca tersebut, terdapat modul memori GEIL Evo Two, DDR3-RAM berkecepatan 2.500 MHz (PC3-20000) dengan timing CL9. Angka kecepatan tersebut terdengar cukup fantastis. Begitu fantastisnya sehingga GEIL merasa perlu untuk memberikan julukan “Hardcore Gaming Memory” buat produk ini. Seperti pendahulunya, Evo One, seri Evo kedua ini juga dilengkapi dengan heat spreader berteknologi Maximum Thermal Conduction and Dissipation (MTCD) untuk meredam panas sehingga memori bisa bekerja optimal.

evotwo
GEIL Evo Two, memori DDR3 berkecepatan 2500 MHz
cpuz
Dilihat dari keterangan CPU-Z, Evo Two tampaknya benar-benar bisa diajak berlari di kecepatan setinggi itu

“Untuk mendinginkan RAM berkinerja tinggi, tentu saja Anda membutuhkan solusi pendinginan yang juga sama-sama andal. Untuk itu, kami sudah punya solusinya,” kata Ric sambil menunjuk ke sebuah etalase kaca. Di dalamnya, ada GEIL Cyclone, kipas pendingin RAM yang tampak meyakinkan karena dilengkapi dengan heatsink, meskipun hanya memiliki satu buah fan. Terdapat LED di bagian kipas Cyclone yang akan menyala ketika beroperasi untuk menampilkan suhu modul RAM di bawahnya. Cukup menarik dan –yang lebih penting- bisa berguna.

cyclone
Tidak seperti kebanyakan produk sejenis, GEIL Cyclone dilengkapi sirip-sirip heatsink untuk menyalurkan panas dari modul RAM
cyclone2
Cylcone tengah beraksi. Sayang, LED kipas yang menampilkan suhu dan kecepatan rotasi tidak tampak jelas di sini. Bagian berwarna merah di antara pendaran lampu biru adalah deretan angka yang menunjukkan suhu RAM dan kecepatan fan.

Selanjutnya, Ric mengajak kami untuk melihat produk powersupply bernerek “Thortech” yang juga dibuat oleh GEIL. “Yang memproduksi tetap GEIL, hanya beda merek saja,” jelas Ric. Powersupply ini konon sudah tampil perdana di pameran CeBIT, Maret lalu. Namun, kala itu ia baru berupa prototype yang tidak bisa dinyalakan. Nah, di pameran Computex kali ini, rancangannya sudah final dan GEIL sudah pula memajang contoh produk yang 100% berfungsi, namanya Thunderbolt Plus, power supply modular yang merupakan produk andalan dari Thortech.

thor
Thunderbolt Plus, PSU keluaran Thortech
thor2
Tampak atas Thunderbolt Plus, kipas ditengahnya berukuran 13,5 cm
thor3
Bagian konektor power supply, tampak agak sedikit menyediakan kabel keluaran

Warna kuning yang sepertinya mendominasi tema PSU tech ternyata punya alasan tersendiri. “Semua produk powersupply keluaran Thortech memiliki sertifikasi 80 Plus Gold. Artinya, tingkat efisiensi mereka semua berada di atas 87 persen!” Ric menjelaskan dengan bangga. Dugaan kami, mungkin dia terlibat dalam proyek pengerjaan power supply ini. Thunderbolt Plus sendiri memiliki 3 pilihan kapasitas: 800, 1000, dan 1200 watt. Keunggulannya selain sertifikasi 80 Plus Gold tadi adalah penggunaan single rail untuk jalur 12V yang bisa menanggung arus hingga 100 Ampere di model berkapasitas 1200 watt.

Selain itu, yang juga cukup menarik perhatian Tim Jagat, ada feature tambahan berupa LCD front panel bernama iPower Meter yang bisa menampilkan bermacam-macam status yang berkaitan dengan penggunaan daya, seperti keluaran listrik dari masing-masing jalur tegangan (12v; 3,3v; dan 5v) berikut kecepatan rotasi kipas PSU. Ada pula ukuran konsumsi daya keseluruhan dan tingkat efisiensi. Cukup praktis bagi mereka yang gemar “menyiksa” unit PSU dengan melakukan overclocking atau hal lainnya. Pengguna juga dapat mengatur kecepatan rotasi fan 13,5 cm di PSU lewat front panel ini. iPower Meter datang dalam bundle kemasan PSU Thortech Thunderbolt Plus.

thor4
Thortech iPower Meter, panel depan yang menampilkan berbagai macam status dair PSU Thunderbolt Plus

Thortech juga memproduksi seri Thundebolt “biasa” (tanpa embel-embel “Plus”) yang juga memiliki sertifikasi 80 Plus Gold. “Bedanya hanya di iPower Meter front panel, jumlah rail 12 volt, serta pilihan kapasitas saja. Komponen-komponen internalnya sendiri sama kualitasnya, bersertifikasi 80 Plus Gold juga,” jelas Ric. Seri Thunderbolt dari Thortech tersedia dalam empat pilihan kapasitas: 650, 850, 1000, dan 1200 watt, serta menggunakan 4 jalur untuk keluaran tegangan 12v (quad rail).

Sayang, produk GEIL hingga saat ini masih sulit ditemukan di tanah air. Padahal, dengan produk-produk berkualitas seperti modul memori dan power supply di atas, GEIL bisa turut meramaikan pasar hardware komputer sekaligus memberikan lebih banyak pilihan pada konsumen. Kita tunggu saja, mudah-mudahan GEIL juga turut merilis produk-produknya di Indonesia. Nantikan kabar berikutnya dari Jagat Review!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…