in: News | June 18, 2010 | by: Oik Yusuf Araya

Produk-Produk Unggulan Kingston Tahun 2010

Tim Jagat Review sempat kebingungan mencari booth Kingston di areal pameran Computex 2010. Usut punya usut, ternyata produsen yang bersangkutan memang tidak pernah lagi menyewa booth untuk promosi di Computex. Mungkin karena sudah sangat yakin dengan kekuatan merknya. Tapi, bukan berarti Tim Jagat Review harus menelan kekecewaan. Sebelumnya, melalui salah satu rekan Jagat Review yang populer di kalangan pelaku bisnis IT, Kingston mengirimkan undangan resmi untuk sebuah wawancara eksklusif berikut acara perkenalan produk, tanggal 4 Juni 2010.

Eksklusif, maksud kami, dalam hal materi yang didiskusikan dalam wawancara itu. Bagaimana tidak? dalam wawancara pukul 9 pagi itu, Kingston mengeluarkan hampir seluruh “senjata”-nya. Produk-produk unggulan –bahkan termasuk yang masih berupa prototype- digelar di meja pertemuan, dengan cara yang mengingatkan kami pada cara berjualan pedagang kaki lima di Jakarta. Pesertanya sendiri cukup banyak. Selain kami, ada beberapa wartawan lagi yang kesemuanya berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, yaitu Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Dagangan termutakhir dari Kingston digelar di meja makan, persis di samping beberapa gelas teh yang terisi penuh dan beberapa piring makanan kecil

Wawancara berlangsung di sebuah restoran yang khusus menyajikan variasi makanan dan minuman dari teh. Jadilah ia lebih mirip acara kopi darat informal yang santai, sambil sesekali diselingi canda dan tawa lepas baik dari para wartawan maupun representatif Kingston yang berjumlah tiga orang. Mereka memberikan keterangan mengenai produk-produk Kingston, satu demi satu. Apa saja yang dipersiapkan Kingston di paruh kedua di tahun 2010 ini? Nah, mari kita mulai pembahasan dari jenis produk yang menjadi tonggak pertama Kingston di dunia komputer: modul memori!

HyperX Low-Voltage alias LoVo, varian memori DDR3 berkinerja tinggi tapi hemat daya

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang varian memori HyperX “ramah lingkungan” dari Kingston yang dinamai LoVo atau Low-Voltage Memory. Sesuai sebutannya, memori DDR yang sanggup berjalan di kecepatan 1800MHz (CL9) ini beroperasi dengan tegangan standar sebesar 1,35 Volt, lebih kecil dari kebanyakan modul memori DDR3 yang memiliki tegangan standar antara 1,5-1,65 Volt. Jadi, konsumsi daya dari keseluruhan sistem juga dapat ditekan.

Dilihat dari label keterangannya, LoVo mampu berjalan pada kecepatan 1800 MHz dengan timing CL9. Cukup menarik untuk ukuran sebuah modul memori yang hanya menggunakan tegangan sebesar 1,35 V

Untuk lebih menekankan aspek penghematan daya ini, Kingston menggunakan dominasi warna hijau, baik untuk kemasan produk ini maupun heat spreader yang menempel di atasnya. Rekan Gatot, yang sedang sibuk mengunyah kue mochi sebesar kepalan tangan orang dewasa, kontan menyela penjelasan Ms. Ann Bai, Sales Director untuk DRAM memori dari Kingston, begitu mendengar tentang rendahnya voltase yang dibutuhkan oleh LoVo, “Tegangan default-nya rendah sekali. Kalau begitu, apakah saya bisa menambahkan voltase dan melarikannya pada kecepatan yang lebih tinggi lagi?”.

Ann Bai menjawab, “Bisa saja, tapi nanti akhirnya akan boros juga dan percuma saja sudah kami warnai hijau,” jelas Ann, disambut gelak tawa hadirin.  “Untuk keperluan itu, kami punya modul memori lain, yang khusus dirancang agar memberi kinerja maksimal,” lanjut Ann Bai lagi, seraya mengeluarkan sepasang modul memori lain dari tasnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES