Produk-Produk Unggulan Kingston Tahun 2010

Reading time:
June 18, 2010

Tim Jagat Review sempat kebingungan mencari booth Kingston di areal pameran Computex 2010. Usut punya usut, ternyata produsen yang bersangkutan memang tidak pernah lagi menyewa booth untuk promosi di Computex. Mungkin karena sudah sangat yakin dengan kekuatan merknya. Tapi, bukan berarti Tim Jagat Review harus menelan kekecewaan. Sebelumnya, melalui salah satu rekan Jagat Review yang populer di kalangan pelaku bisnis IT, Kingston mengirimkan undangan resmi untuk sebuah wawancara eksklusif berikut acara perkenalan produk, tanggal 4 Juni 2010.

Eksklusif, maksud kami, dalam hal materi yang didiskusikan dalam wawancara itu. Bagaimana tidak? dalam wawancara pukul 9 pagi itu, Kingston mengeluarkan hampir seluruh “senjata”-nya. Produk-produk unggulan –bahkan termasuk yang masih berupa prototype- digelar di meja pertemuan, dengan cara yang mengingatkan kami pada cara berjualan pedagang kaki lima di Jakarta. Pesertanya sendiri cukup banyak. Selain kami, ada beberapa wartawan lagi yang kesemuanya berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, yaitu Thailand, Malaysia, dan Filipina.

barang
Dagangan termutakhir dari Kingston digelar di meja makan, persis di samping beberapa gelas teh yang terisi penuh dan beberapa piring makanan kecil

Wawancara berlangsung di sebuah restoran yang khusus menyajikan variasi makanan dan minuman dari teh. Jadilah ia lebih mirip acara kopi darat informal yang santai, sambil sesekali diselingi canda dan tawa lepas baik dari para wartawan maupun representatif Kingston yang berjumlah tiga orang. Mereka memberikan keterangan mengenai produk-produk Kingston, satu demi satu. Apa saja yang dipersiapkan Kingston di paruh kedua di tahun 2010 ini? Nah, mari kita mulai pembahasan dari jenis produk yang menjadi tonggak pertama Kingston di dunia komputer: modul memori!

lovo
HyperX Low-Voltage alias LoVo, varian memori DDR3 berkinerja tinggi tapi hemat daya

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang varian memori HyperX “ramah lingkungan” dari Kingston yang dinamai LoVo atau Low-Voltage Memory. Sesuai sebutannya, memori DDR yang sanggup berjalan di kecepatan 1800MHz (CL9) ini beroperasi dengan tegangan standar sebesar 1,35 Volt, lebih kecil dari kebanyakan modul memori DDR3 yang memiliki tegangan standar antara 1,5-1,65 Volt. Jadi, konsumsi daya dari keseluruhan sistem juga dapat ditekan.

lovo2
Dilihat dari label keterangannya, LoVo mampu berjalan pada kecepatan 1800 MHz dengan timing CL9. Cukup menarik untuk ukuran sebuah modul memori yang hanya menggunakan tegangan sebesar 1,35 V

Untuk lebih menekankan aspek penghematan daya ini, Kingston menggunakan dominasi warna hijau, baik untuk kemasan produk ini maupun heat spreader yang menempel di atasnya. Rekan Gatot, yang sedang sibuk mengunyah kue mochi sebesar kepalan tangan orang dewasa, kontan menyela penjelasan Ms. Ann Bai, Sales Director untuk DRAM memori dari Kingston, begitu mendengar tentang rendahnya voltase yang dibutuhkan oleh LoVo, “Tegangan default-nya rendah sekali. Kalau begitu, apakah saya bisa menambahkan voltase dan melarikannya pada kecepatan yang lebih tinggi lagi?”.

Ann Bai menjawab, “Bisa saja, tapi nanti akhirnya akan boros juga dan percuma saja sudah kami warnai hijau,” jelas Ann, disambut gelak tawa hadirin.  “Untuk keperluan itu, kami punya modul memori lain, yang khusus dirancang agar memberi kinerja maksimal,” lanjut Ann Bai lagi, seraya mengeluarkan sepasang modul memori lain dari tasnya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…