in: Digital Camera | June 8, 2010 | by: Pramanaya Tjokronegoro

Review Sony Cyber-shot TX7

Sony Cyber-shot TX7 adalah tipe terbaru kamera seri T dari Sony. Seperti kamera seri T sebelumnya, TX7 memiliki form factor tipis dengan slider yang khas, yang berfungsi sebagai pelindung lensa dan juga untuk menyala/matikan kamera. Selain itu, seperti seri T lain sebelumnya, TX7 juga dilengkapi dengan layar sentuh untuk pengoperasian.

Namun, TX7 memiliki banyak feature baru dan unik dibandingkan pendahulunya.

  • Sensor Exmor-R Back-Illuminated CMOS 10,2 Megapixel
    Sensor dengan teknologi terkini yang diklaim dapat mengurangi tingkat noise.
  • Layar sentuh 3,5 inci 921.000 pixel
    Layar resolusi tinggi 640×480 pixel yang sebelumnya lebih banyak ditemui pada DSLR kelas atas.
  • Lensa Carl-Zeiss 4x zoom, 25-100mm dilengkapi Optical SteadyShot
    Lensa tajam dengan true wide dan peredam getar.
  • iSweep Panorama mode
    Versi terbaru mode panoramic yang sebelumnya muncul di HX1 dan TX1.
  • High Dynamic Range mode
    Penyeimbangan pencahayaan pada kondisi scene kontras tinggi.
  • Perekaman video FullHD (1920x1080pixel) dan mic stereo
    Feature yang sebelumnya hanya ditemui pada kamera prosumer dan DSLR kelas atas.

Kualitas Fisik

TX7 dibalut casing metal yang terasa tebal dan kokoh. Finishinya paduan antara doff dan glossy, tetapi semuanya cukup tahan gores. Ukuran kamera sangat tipis sehingga tidak menganggu untuk dibawa-bawa dalam saku.

Bagian belakang kamera dipenuhi dengan layar sentuh 3,5 inci tanpa ada tombol pengoperasian lain. Sebagian besar pengoperasian kamera dilakukan melalui layar sentuh resolusi tinggi ini. Tampilan menu dan kecepatan pengoperasian bisa dibilang sangat sigap. Icon dan cara pengoperasian juga intuitif. Saat melakukan pemotretan dan playback, layar menampilkan gambar dengan cerah meskipun di bawah pencahayaan matahari terik.

Di seluruh kamera hanya terdapat lima tombol pengoperasian, dan semuanya terletak di kanan atas, untuk dioperasikan dengan telunjuk. Fungsi tiap tombol sudah jelas terlihat dengan melihat icon-iconnya. Satu keluhan kami adalah tuas zoom yang sangat kecil dan agak keras untuk digerakkan. Namun, berita baiknya adalah zoom optik tetap dapat digunakan saat perekaman video.

Menu dan Feature

Layout menu sangat baik dengan tombol-tombol yang besar dan pilihan penjelasan untuk tiap-tiap fungsi. Mode pemotretan yang tersedia di halaman utama termasuk Intelligent Auto, iSweep Panorama, Backlight Correction HDR, dan Movie Mode. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, video pada TX7 direkam dengan audio stereo dan resolusi FullHD. Video disimpan dengan kompresi AVCHD dalam format MP4.

Pada kamera tidak terdapat port USB maupun port input/output lain selain port untuk menghubungkan kamera dengan dock. Dock termasuk dalam paket penjualan.

Dengan dock anda dapat menghubungkan kamera dengan port USB ke komputer, ke televisi dengan kabel A/V, atau ke televisi high definition dengan kabel HDMI (optional).

Sweep Panorama adalah feature menarik yang memungkinkan Anda memotret scene yang sangat lebar. Feature ini sebelumnya sudah tersedia pada HX1 dan TX1, tetapi pada TX7 feature ini disempurnakan lebih lanjut dan dinamai Intelligent Sweep Panorama.  Mode pemotretan ini dilakukan dengan menekan tombol shutter dan menyapukan kamera pada scene yang akan kita foto.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES