in: Storage Devices | June 4, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Western Digital VelociRaptor 600GB: Untuk Gamers

Tentunya Anda sudah sering mendengar merek dagang Western Digital, bukan? Western Digital (disingkat WD) merupakan salah satu produsen hard disk terbesar di dunia. Pada tanggal 12 Mei 2010 yang lalu, WD Indonesia mengadakan peluncuran Western Digital VelociRaptor. JagatReview telah mendapatkan sampel dari VelociRaptor terbaru yang memiliki kapasitas 600 GB. Hard disk ini memiliki kode WD6000HLHX. VelociRaptor dengan kode HLHX hanya terdiri dari dua kapasitas, 450 GB serta 600 GB. Pada peluncurannya pun dijelaskan bahwa VelociRaptor ini memakai tiga buah platter dengan kapasitas 200 GB per platter.

Seperti yang kita ketahui, VelociRaptor merupakan sebuah hard disk yang berukuran 2.5 inchi yang memiliki kecepatan putaran 10.000 RPM. Pada versi desktopnya, hard disk ini ditambahkan enlosure supaya hard disk ini muat pada docking 3.5 inchi. Ternyata, enclosure tersebut memiliki fungsi lain yaitu sebagai  heatsink hard disknya. Hal inilah yang membuat VelociRaptor lebih rendah suhunya saat bekerja pada full load.

Selain memiliki kapasitas yang cukup besar serta kecepatan 10.000, ada hal menarik lainnya pada VelociRaptor yang satu ini. Hard disk ini sudah memiliki interface SATA 6Gb/s atau lebih dikenal dengan SATA III. Walaupun semua hard disk yang keluar saat ini belum bisa mendekati kecepatan teoritis SATA I, tetapi hal ini membuat Burst rate hard disk meningkat tinggi. Selain itu, hard disk ini memiliki cache sebesar 32 MB. Western Digital pun juga membuat website khusus untuk hard disk VelociRaptor di http:://www.WDVelociRaptor.com.

Selama ini, VelociRaptor ditujukan untuk pasar enterprise dan juga gamer. Walaupun begitu, hard disk ini belum bisa menandingi kecepatan SSD non value yang ada dipasaran. Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa kencang hard disk ini, mari kita lihat hasil pengujian hard disk ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES