in: Notebook / Laptop | July 14, 2010 | by: Bimanto

Acer Aspire TimelineX 4820TG – Pilih Tenaga atau Daya Tahan Hidup?

Kinerja

Pada test ini kami mencoba pada dua mode power management. Power management yang pertama adalah default yang diberikan pada Sysmark 2007 (graphics Intel dan ATI) dan power saver (graphics Intel). Ternyata hasil yang diberikan pada Sysmark 2007 sungguh mengejutkan, nilai yang didapat adalah memang kinerja sebuah prosesor core i5. Anda dapat membandingkan hasil tersebut dengan review notebook lainnya di jagatreview atau website lain yang menggunakan Sysmark 2007.

Lalu kami sedikit penasaran, bagaimana bila di setting pada mode power saver? Ternyata hasil yang didapat masih termasuk tinggi, bisa dikatakan setara dengan prosesor Intel core i3. Nantinya hasil tersebut akan kami bandingkan dengan daya tahan baterai pada test menggunakan MobileMark 2007. Ternyata dengan hasil tersebut Acer TimelineX memang menepati janjinya untuk membuat sebuah notebook yang bertenaga. Bisa dikatakan dengan kinerja tersebut Anda dapat menjalankan aplikasi menengah ke atas dengan lancar.

Daya tahan Baterai

Setelah puas bermain dengan Sysmark 2007, kami mulai meneruskan test dengan menggunakan MobileMark 2007 untuk mengukur daya tahan baterai baik pada graphics Intel maupun ATI. Kami melakukan setting mode power management yang sama dengan Sysmark 2007.

Hasil yang didapat ketika menggunakan graphics Intel sepertinya hampir mencapai janji Acer untuk hidup selama 8 jam, tetapi bila menggunakan graphics ATI masih jauh dari janji tersebut. Lalu kami mencoba pada mode power saver, ternyata hasil yang didapat adalah notebook ini dapat memenuhi janji Acer untuk dapat hidup selama 8 jam. Sebenarnya pada settingan balance kami percaya notebook ini dapat hidup selama 8 jam, tetapi Anda harus melakukan berbagai settingan pintar lainnya.

Transcode dan compression

Dengan spesifikasi yang ada Anda dapat melakukan dua pekerjaan ini dengan sangat cepat tanpa harus berlama-lama menunggu hasilnya. Anda juga dapat membandingkan hasil ini dengan notebook lainnya dalam review-review kami lainnya di jagatreview.com

Kinerja ATI Radeon Mobile HD5470 1GB

Feature switchable graphics merupakan suatu hal yang tergolong baru bagi sebuah seri Acer TimelineX. Hal ini membuat kami penasaran apakah ATI Radeon Mobile HD5470 1GB dapat digunakan bermain game 3D dengan lancar? Kami sempat mencoba menggunakan benchmark 3Dmark 2006 dan hasil yang didapat pas-pasan. Walaupun begitu, hasil tersebut tetap membuat kami penasaran.

Pada test menggunakan game 3D Left4Dead hasil yang didapat bermain game ini dengan lancar pada settingan high di resolusi native. Test terus berlanjut menggunakan Resident Evil 5, hasil yang didapat tidak terlalu menggembirakan. Pada resolusi native settingan high, game ini tidak dapat memberikan FPS yang nyaman dilihat oleh mata. FPS baru beranjak naik ketika kami menurunkan resolusi ke bawah. Tetapi hasil yang didapat membuat kami puas, dengan begitu TimelineX masih dapat diajak bermain game 3D ringan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES