LOGO

Ciptakan Aplikasi Anda Sendiri dengan Google App Inventor

Membuat sebuah aplikasi hanya bisa dilakukan oleh para ahli IT profesional? Mungkin itu dulu. Sekarang, para pengguna Android dapat menciptakan aplikasinya sendiri hanya bermodalkan tiga hal, sebuah akun gmail, sebuah komputer, dan sebuah handset berbasis Android (Anda dapat mengecek apakah handset Anda mendukung software ini atau tidak melalui situs App Inventor). Software ini dapat berjalan di Windows, OS X, Linux, dengan dukungan Java 6.

Sebelum meluncurkan software ini ke masyarakat luas, Google telah melakukan uji coba beta kepada siswa dan mahasiswa di beberapa sekolah dan universitas. Hhmm… jika anak usia sekolah saja dapat menciptakan aplikasi idaman mereka sendiri, mengapa Anda tidak?

Pada bagian peraturan penggunaan, Google menyatakan bahwa semua aplikasi yang tercipta melalui software ini secara otomatis dapat digunakan oleh perusahaan untuk dikembangkan dan dimodifikasi. Namun, Google tidak menyertakan informasi detail mengenai keberadaan aplikasi-aplikasi hasil dari software tersebut di Android Store.

Tampaknya, Google semakin gencar melakukan perlawanan sengit terhadap dominasi Apple dengan Apple Store-nya yang menyediakan beragam aplikasi untuk gadget mereka, khususnya iPhone. Dalam beberapa hal, Google App Inventor memiliki kebijakan yang lebih “ramah” pengguna seperti proses pembuatan yang mudah. Selain itu, untuk menciptakan sebuah aplikasi, Anda tidak perlu menjadi seorang profesional yang menunggu konfirmasi dari perusahaan bersangkutan seperti yang diberlakukan oleh Apple.

Apakah Anda salah satu pengguna Android yang memiliki aplikasi impian? Siapkan konsep Anda lalu terapkan di http://appinventor.googlelabs.com!

Random Articles
Back to Top