in: Motherboard | July 8, 2010 | by: Gatot Tri Yuwono

GIGABYTE H55N-USB3: Motherboard Mungil dengan Segudang Feature

Motherboard dengan faktor bentuk mini-ITX semakin menjamur belakangan ini. Beberapa produsen motherboard yang biasanya merilis motherboard dengan faktor bentuk ATX dan micro-ATX kini mulai melirik faktor bentuk mini-ITX. Faktor bentuk mini-ITX biasanya digunakan untuk motherboard yang dilengkapi graphics card onboard. Adanya graphics card onboard pada motherboard mini-ITX memberi keuntungan tersendiri karena Anda akan mendapatkan sebuah motherboard yang berfungsi sepenuhnya dalam bentuk yang kompak. Anda tidak perlu menambah sebuah graphics card add-on yang malah membuat penampilan motherboard ini terlihat bongsor.

Motherboard mini-ITX biasanya cocok untuk membangun sebuah HTPC (Home Theater Personal Computer) karena dapat dipasangkan pada casing berukuran kecil. Beberapa produsen casing memiliki casing yang dioptimalkan dan memiliki feature pendukung untuk penggunaan HTPC. Selain itu, komputer seperti ini juga cocok untuk Anda yang membutuhkan komputer desktop berukuran kecil untuk kegiatan sehari-hari.

Sebagian besar motherboard mini-ITX yang ada di pasaran menggunakan chipset AMD atau Intel yang dilengkapi graphics card onboard. Untuk chipset AMD terdapat AMD780G, AMD785G, AMD790GX, AMD880G, dan AMD890GX yang dilengkapi graphics card onboard. Sedangkan untuk chipset Intel beberapa diantaranya adalah G41, G45, H55, dan H57. Pada review kali ini, kami berkesempatan menguji motherboard mini-ITX yang menggunakan chipset H55 dari produsen Gigabyte.

Gigabyte H55N-USB3

Sekilas Intel H55

Chipset Intel H55 merupakan salah satu chipset teranyar Intel yang dilengkapi graphics card onboard. Sebenarnya, chip graphics onboard tidak berada pada chipset Intel H55 di motherboard melainkan menyatu dengan prosesor. Semua prosesor Intel soket LGA1156 memang kompatibel dengan motherboard ini. Akan tetapi, agar feature graphics card onboard pada motherboard berjalan, Anda harus menggunakan prosesor Intel seri Core i5 6xx, Core i3 5xx, dan Pentium G. Selain prosesor Intel seri tersebut, Anda harus menambahkan sebuah graphics card add-on.

Spesifikasi

Processor Support Intel LGA1156 Processors
Chipset Intel H55
Memory 2x DIMM, DDR3-1333/1066/800/1666(O.C)
Expansion Slots 1x PCIe 2.0 x16
Output Display HDMI, DVI-D, D-Sub
Storage 4 x SATA 3.0 Gb/s ports
LAN Realtek RTL8111E chip (10/100/1000 Mbit)
Audio Realtek ALC892
USB Intel H55 Chipset – 8x USB 2.0 port (4x Rear, 4x Internal)
NEC USB Controller – 2x External USB 3.0 port
Form Factor Mini-ITX – 17×17 cm

Terbatasnya ukuran board membuat beberapa komponen dipangkas jumlahnya seperti jumlah slot memori dan jumlah slot ekspansi.

Feature

Beberapa feature ala Gigabyte tetap hadir di motherboard mini-ITX ini. Beberapa diantaranya adalah :
–          On/Off Charge Support
–          USB 3.0 Support
–          3x USB Power Boost
–          Ultra Durable 3
–          Smart 6
–          Dynamic Energy Saver 2
–          AutoGreen
–          DualBIOS

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES