in: News | July 14, 2010 | by: Deliusno

Lindungi Perangkat BlackBerry Anda

Sebagian besar pengguna BlackBerry takut kehilangan data penting yang tersimpan di ponsel pintar mereka. Hal tersebut saya simpulkan dari hasil penelitian kecil-kecilan saya terhadap beberapa teman yang menggunakan ponsel pintar buatan BlackBerry. Hingga beberapa saat lalu, memang belum ada aplikasi keamanan komersil yang mampu menyelamatkan data pengguna apabila produk BlackBerry mereka rusak atau hilang. Aplikasi keamanan seperti itu baru tersedia di lingkungan BlackBerry Enterprise Service (BES) saja. Berangkat dari masalah tersebut, RIM akan segera meluncurkan sebuah aplikasi keamanan bagi para pengguna non-enterpise. Aplikasi tersebut akan diberi nama BlackBerry Protect.

BlackBerry Protect memiliki kemampuan untuk melakukan backup data pengguna secara wireless dan juga mengembalikan dan memberitahukan di mana perangkat BlackBerry pengguna jika terjadi kehilangan.

Sesaat setelah pengguna menginstall aplikasi ini di perangkat kesayangannya, BlackBerry Protect akan memberikan pilihan untuk mengback up data secara online. Pengguna dapat mengback up contacts, calendar, memos, tasks, browser bookmarks, dan text messages.

Jika terjadi kehilangan, pengguna dapat segera masuk ke BlackBerry Protect web portal dan langsung mengunci perangkat kesayangannya. Dari web portal tersebut, pemilik dapat melihat di mana ponsel pintarnya berada dengan memanfaatkan feature GPS yang telah terpasang di setiap perangkat BlackBerry. Pengguna juga dapat menghapus semua data yang ada di perangkat mereka melalui web portal ini.

Jika pengguna akhirnya telah membeli perangkat BlackBerry baru, mereka dapat mengambil kembali semua data yang telah diback up sebelumnya.

Saat ini, BlackBerry Protect baru masuk ke dalam masa Beta. Hanya kalangan terbatas saja yang diizinkan untuk mencoba aplikasi ini. Belum ada pengumuman resmi kapan aplikasi ini akan hadir. Pihak pengembang hanya memberikan janji untuk menyebarkan BlackBerry Protect di tahun ini juga.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES