in: Features - Overclocking | July 3, 2010 | by: Dedy Irvan

Overclock VGA Notebook!

MSI CX420 (ATI HD5470, 1 GB)

Notebook ini menjadi sasaran uji kami  karena harganya yang cukup terjangkau (kisaran 7 jutaan), namun “VGA-card” nya tergolong pas-pasan untuk bermain game 3D yang moderen. Memang, kita bisa saja menurunkan kualitas gambar atau resolusinya. Akan tetapi, tampilan akan menjadi kurang menarik. Pada beberapa game, meski hasil pengujian rata-ratanya sudah di atas 30 fps, namun karena pada beberapa scene framerate-nya turun di bawah 30 fps, pengalaman bermain game menjadi terganggu.

AMD GPU Clock Tool v0.9.26.0

Tool ini kami gunakan untuk mendongkrak performa GPU dan memori VGA pada MSI CX420. Tool ini dapat digunakan untuk semua GPU/VGA AMD/ATI seri 5xxx. Software overclocking sederhana ini dapat Anda temukan di sini.

Anda cukup men-downloadnya lalu jalankan proses instalasi. Pastikan bahwa setting VGA sedang menggunakan ATI HD5470 (bukan Intel HD graphics).

Overclocking VGA notebook: Sederhana

Untuk melancarkan semua proses, pastikan bahwa notebook terpasang pada charger-nya. Selain itu, agar performa maksimal, pastikan setting power management ada pada pilihan “High Performance”.

Pada saat AMD GPU Clock Tool dijalankan, Anda akan menemui dua pilihan yang perlu diperhatikan: Engine dan Memory Clock. Engine di sini dimaksudkan sebagai pengatur kecepatan GPU atau chip VGA. Sementara Memory Clock adalah kecepatan memori VGA. Anda cukup memainkan kedua parameter ini saja. Sisanya, abaikan dahulu.

Saran kami, pilih kecepatan yang tidak terlalu jauh di atas kecepatan standarnya, klik ‘Set Clock’, lalu uji dulu dengan benchmark seperti 3Dmark 06 atau Furmark. Jika stabil, lanjutkan ke nilai yang lebih tinggi. Jika tampak artifact pada gambar saat pengujian, itu berarti setting Anda sudah terlalu tinggi. Cepat matikan pengujian dan turunkan setting tersebut.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES