in: Storage Devices | July 17, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Patriot Inferno SSD 100 GB: Kecepatan “Badai Pasir” SandForce!

Walaupun memiliki harga yang tinggi, tidak bisa dipungkiri Solid State Drive dewasa ini semakin diminati dan marak dibicarakan. Bagaimana tidak? sebuah SSD termurah saja mampu membuat sistem PC Anda menjadi lebih kencang kinerjanya. Pembahasan SSD dengan harga terjangkau  dapat dilihat pada artikel kami sebelumnya mengenai Intel X25-V dan Kingston 30 GB yang terbaru.

Selain itu, jika kita mengganti komponen hard disk sebuah notebook dengan SSD, benturan, baik itu lemah ataupun kencang tidak akan menjadi masalah lagi. SSD pun tidak memiliki komponen mekanik, sehingga faktor kerusakan mekanik bisa dihilangkan. Anda juga akan terlepas dari biaya jutaan rupiah saat data hilang akibat hard disk yang rusak.

Senin minggu lalu, rekan saya (yup, lagi-lagi Dedy Irvan) tiba-tiba menepuk bahu saya dengan menggunakan sebuah kardus kecil dan berkata “Mas, nih makanan elo!”. Walaupun semula saya membayangkan sebuah kardus makanan berisikan tenderloin steak, tetapi saya tetap girang dan kaget. Ternyata kardus tersebut berisikan sebuah SSD dari Patriot yang menggunakan kontroler dari SandForce. kontroler ini berbeda dengan SSD yang selama ini saya utak-atik, seperti Intel, Kingston, dan A-DATA.

SSD Patriot tersebut bernama Patriot Inferno dengan kapasitas 100 GB. Fisiknya cukup mencolok mata dengan warna merah. Sayangnya pada SSD, pepatah “ada harga ada rupa” berubah menjadi “ada harga ada performa” dan sepertinya berlaku. Saat tulisan ini dibuat, harga SSD Patriot Inferno 100 GB adalah $381 pada sebuah toko online. Nah, dengan kisaran harga seperti itu, seharusnya kinerja yang dimiliki oleh SSD ini dapat membuat sistem komputer lebih kencang dibandingkan dengan menggunakan SSD kelas value.Oh iya, SSD ini juga sudah mendukung TRIM.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES