in: Gadget | July 30, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Qibla Compass: Aplikasi Gratis Penunjuk Kiblat

Karena ketertarikan saya dengan sistem operasi Android, saya ditugasi oleh Dedy Irvan untuk mengutak-atik smartphone Android. Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari software unik di antara 70.000 software yang tergabung di dalam Android Market. Pada saat melakukan pencarian, saya menemukan sebuah software yang cukup unik, Qibla Compass. Sesuai dengan namanya, software ini berfungsi menunjukkan para pengguna Android ke mana arah kiblat. Sulitnya menentukan arah kiblat kerap saya alami sewaktu saya bepergian ke luar kota atau luar negeri.

Pengoperasian software ini sangat mudah. Software ini membutuhkan sistem location-based dinyalakan. Baik itu GPS atau Wireless Network. Untuk layanan yang bebas biaya, gunakan saja GPS Anda. Namun, hal tersebut akan membuat smartphone Anda lebih cepat kehabisan baterai. Untuk layanan yang lebih hemat batere namun berbayar, gunakan Wireless Network.

Setelah sistem location-based dipersiapkan, software ini akan memanfaatkan feature compass yang ada pada smartphone dengan sistem operasi Android. Hasil akhirnya, arah kiblat dapat ditunjukkan oleh software ini dengan baik. Arah kiblat ditunjukkan dengan jarum berwarna merah pada gambar di atas.

Feature lainnya yang dapat menguntungkan umat muslim adalah Prayer Times. Dengan adanya feature ini, Anda bisa selalu mengetahui kapan waktu salat lima waktu pada kawasan Anda. Jadi, bagi umat muslim yang memiliki smartphone Android, aplikasi ini akan mempermudah Anda dalam menentukan arah dan waktu salat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES