SkyBee: Produk-produk Menarik dari Negeri Tirai Bambu!

Reading time:
July 17, 2010

Banjir handphone China! Itulah kesan yang kami tangkap begitu melangkahkan kaki ke dalam hall tempat pameran Indonesian Cellular Show (ICS) 2010 di Jakarta Convention Center (JCC). Selain Nexian dan htMobile yang masing-masing membuka booth berukuran besar di lokasi berdekatan, banyak pula merk-merk lain yang mungkin masih terdengar asing di kalangan konsumen selular tanah air.

Kami menjumpai booth milik SkyBee, salah satu dari banyak produsen ponsel asal China tersebut, di salah satu sudut tempat pameran. Melalui distributornya, Sentra Grand Ponsel, SkyBee mempromosikan beberapa produk ponsel unggulannya sekaligus melakukan aktivitas jual-beli di booth ini. Sama dengan telepon selular asal pabrikan negeri tirai bambu lainnya, produk-produk SkyBee dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Range harga ponsel SkyBee cukup bervariasi, mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu, menurut pantauan sekilas kami.

Tim Jagat sempat mencoba mengutak-atik salah satu produk smartphone SkyBee yang dilengkapi dengan TV tuner, yaitu SkyBee 60AL. Hasil tangkapannya di dalam hall JCC terbilang cukup baik, meskipun tidak terlalu jelas karena masih menghasilkan cukup banyak noise. Ada pula SkyBee H171, yang diklaim memiliki kualitas suara prima. Menurut salah satu rekan Jagat yang sempat mencobanya di dalam bilik suara khusus, kualitas audio loud speaker-nya lumayan bagus untuk ukuran sebuah hand phone.

tv R
Tampilan icon di smartphone Skybee 60AL yang dilengkapi TV tuner ini mengingatkan kami pada user interface salah satu merk ponsel dari Kanada. Ataukah hanya perasaan kami saja?
gatot R
Rekan Jagat mencoba kualitas audio SkyBee H171 di bilik suara khusus. Kedua cewek di sebelah kanan mungkin sedang berkomentar. Sayang kami tidak bisa mendengar suara mereka.

Usai menertawakan rekan tadi -yang hampir-hampir tidak muat di dalam bilik suara karena ukuran tubuhnya- sejurus kemudian kami mengalihkan perhatian ke salah satu gadget yang turut dipajang di sana, SkyPad One. Gadget berupa tablet PC ini sukses menyedot perhatian sebagian besar pengunjung yang terpancing rasa penasaran, termasuk Tim Jagat. Ukuran layarnya 7 inci, dengan resolusi 800×480. Untuk operating system, digunakan Android 1.6. SkyBee rupanya tidak ingin ketinggalan demam tablet yang baru saja dirintis oleh salah satu produsen komputer terkemuka. Layaknya komputer tablet, SkyPad one memiliki layar touch-screen untuk memudahkan kegiatan ber-multimedia dari penggunanya.

skypad R
SkyPad One, produk tablet computer dari SkyBee. Harganya ternyata relatif cukup terjangkau

Selain memiliki feature Wi-Fi dan internet browsing, menurut brosur spesifikasi yang dibagikan, seharusnya gadget yang satu ini juga mampu memainkan cukup banyak format video (MKV H.264, RMVB, MPEG-4, FLV, MPEG-1, dan MPEG-2) hingga resolusi 720p. Sayang, unit yang tersedia di booth tidak memiliki aplikasi video player, sehingga niat  kami menjajal kemampuan video-playback nya terpaksa dibatalkan. Masih menurut brosur, SkyPad One mampu bertahan hidup selama 2-3 jam untuk penggunaan browsing/ memutar video dengan berbekal batere 3000 mAH yang dimilikinya.

SkyPad One menggunakan prosesor berbasis ARM dari Rockchip, berkecepatan 600 MHz. Prosesor tersebut didukung RAM utama sebesar 128 MB. Adapun internal storage mencakup memori ROM berukuran 128 MB dan NAND flash bekapasitas 2 GB. Setelah mencoba berinteraksi dengan user interface dari tablet dengan layar touch-screen ini, Tim Jagat menduga bahwa spesifikasi teknis tersebut mungkin masih kurang memadai karena SkyPad One terasa kurang responsif menanggapi input dari kami.

Eit, jangan kehilangan selera dulu, seperti produk SkyBee yang lain, SkyPad One dijual dengan harga yang cukup terjangkau, paling tidak untuk ukuran sebuah komputer tablet yang bisa dipakai ber-multimedia. Untuk memilikinya, Anda cukup menyediakan uang sebanyak 2,5 juta rupiah saja. Jauh lebih murah ketimbang produk-produk sejenis dengan spesifikasi yang lebih mentereng. Harga tersebut cukup bersesuaian dengan slogan yang diusungnya pada brosur: “Ukuran dan harga yang pas buat kantong”, meskipun, dengan lebar diagonal layar 7 inci, mungkin hanya sedikit sekali orang yang bisa memuat perangkat ini di kantung baju atau celananya.

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…