Steve Jobs: “Apple Tidaklah Sempurna”

Author
Deliusno
Reading time:
July 17, 2010

iphone parallels

Masalah yang terjadi pada iPhone 4 dijelaskan langsung oleh Steve Jobs, CEO Apple. Di awal-awal presentasi, Steve tidak langsung menceritakan masalah apa yang terjadi pada iPhone 4. Dia lebih banyak menceritakan mengenai prestasi apa yang telah diperoleh oleh ponsel pintar generasi terbaru mereka selama ini. Setelah tiga minggu peluncurannya, iPhone 4 telah terjual sebanyak 3 juta unit dan sementara ini dinobatkan menjadi produk terbaik Apple.

Steve Jobs kemudian mulai menjelaskan satu persatu mengenai masalah yang terjadi di iPhone 4. Awalnya, Gizmodo, sebuah web blog TI asal Amerika, memposting sebuah video yang menyatakan kalau mereka menemukan adanya masalah di antena iPhone 4. Kalau mereka menyentuh bagian sudut bawah kanan ponsel pintar ini, tempat dimana antena ponsel berada, secara mendadak signal ponsel langsung menghilang.

Steve mengaku baru mengetahui masalah ini 22 hari yang lalu. Sejak saat itu, dia memerintahkan seluruh ahli antenanya untuk mencari tahu masalah apa yang sebenarnya telah terjadi. Untuk memecahkan masalah tersebut, mereka melakukan uji coba singka dengan cara menyentuh bagian antena ponsel pintar merek lainnya. Hasilnya ternyata tidak jauh berbeda dari yang dialami oleh iPhone 4. Saat mereka menyentuh bagian luar antena BlackBerry Bold 9700, signalnya turun dari 4 bar ke 1 bar. Sedangkan pada HTC Droid Eris, signal langsung menghilang sepenuhnya dari angka 4 bar. Yang terakhir mereka mencoba Samsung Omnia. Signal barnya turun dari 4 bar ke 1 bar. Dengan hasil uji coba tersebut, Steve Jobs berpendapat kalau nyaris semua smartphones memiliki masalah yang sama dengan iPhone 4. Hal tersebut merupakan tantangan besar bagi industri smartphones. Steve Jobs juga mengakui kalau Apple tidaklah sempurna.

Steve Jobs kemudian kembali bermain dengan angka-angka. Steve membeberkan berapa banyak orang yang mengadukan masalah antena ini ke AppleCare. Ternyata hanya 0.55% dari seluruh pembeli iPhone 4 yang mencurahkan kekesalannya pada customer service di AppleCare. Yang mengejutkan, ternyata hanya 1.7% orang yang mengembalikan iPhone 4 mereka. Nilai tersebut masih lebih jauh dibandingkan 6% orang yang mengembalikan iPhone 3GS.

iPhone 3GS memiliki model yang sama dengan iPhone 3G. Oleh karena itu, saat ponsel pintar tersebut keluar di pasaran, semua orang sudah bisa membeli iPhone 3GS lengkap dengan case-nya. Ada yang menyatakan kalau case dapat bekerja sebagai bumper untuk sebuah ponsel. Ada juga yang menyatakan kalau bumper dapat membuat signal ponsel dapat bekerja lebih baik. iPhone 4 memiliki bentuk yang berbeda dari iPhone 3GS, sehingga Apple harus bekerja lagi untuk memproduksi case baru. Dengan alasan seperti itu, tidak heran kalau masih sedikit pengguna iPhone 4 yang memiliki case.

Bagaimana cara menyelesaikan masalah antena tersebut? Steve Jobs berkata kalau mereka sudah merilis iOS4 versi 4.0.1. Versi terbaru ini diharapkan dapat memperbaiki masalah laporan bar signal dan membereskan beberapa bug yang ada. Apple juga akan memberikan case gratis bagi setiap pemilik iPhone 4. Bagi yang sudah membeli case untuk iPhone 4-nya, mereka akan mendapatkan refund.

Tidak puas dengan iPhone 4? Pembeli yang merasa kecewa dengan iPhone 4, bisa mengembalikan produknya dan mereka akan mendapatkan pengembalian uang secara utuh dalam waktu 30 hari.

Steve Jobs juga mengumumkan kalau iPhone 4 dengan warna putih akan segera hadir akhir bulan ini. iPhone 4 juga akan segera diluncurkan lagi di 17 negara.

Apakah masalah iPhone 4 selesai dengan solusi-solusi yang ada dari Apple? Mari kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…
March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…

Gaming

March 15, 2024 - 0

Baru Rilis, Suicide Squad Sudah Diskon 40% di Steam

Pernahkah Anda melihat kasus dimana sebuah video game yang sudah…
March 15, 2024 - 0

Trailer Teranyar Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes Pamer Banyak Karakter Baru

Sangat disayangkan memang bahwa sang penggagas - Murayama-san tidak bisa…
March 15, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Final Fantasy VII: Ever Crisis

Bersama dengan rilisnya Final Fantasy VII Remake beberapa tahun lalu…
March 15, 2024 - 0

Kostum Paling Seksi Stellar Blade Juga Naikkan Tingkat Kesulitan!

Ada dua jenis gamer yang saat ini tengah menantikan kehadiran…