in: News | July 9, 2010 | by: Deliusno

ThinkCentre M90z: All-in-One PC untuk Kalangan Enterprise

Bagi para pemerhati dan pengguna komputer non-rakitan, nama all-in-one PC bukanlah suatu hal yang baru di telinga mereka. Komputer dengan beragam kegunaan ini biasanya dirilis untuk kepentingan para pengguna rumahan atau lebih dikenal dengan nama home user. Namun, PC all-in-one yang diluncurkan Lenovo pada tanggal 9 Juli 2010 bertempat di Wisma BNI 46 lantai 19, Jakarta, memiliki keunikan tersendiri. Mengapa demikian? All-in-one PC dengan seri Lenovo ThinkCentre M90z ini ditujukan untuk pasaran enterprise!


Kelas pengguna yang lebih bercorak dalam pasaran enterprise tentunya membuat all-in-one PC dari Lenovo ini dituntut lebih banyak dari sisi perangkat kerasnya. Sebagai permulaan, produk ini merupakan all-in-one PC pertama Lenovo yang menggunakan prosesor i-core series. Pengguna dapat memilih antara prosesor i3-6×0 dan i5-6×0. Selama ini, all-in-one PC yang umum beredar di pasaran baru menggunakan prosesor seri Core 2 Duo, Atom, dan AMD Turion.

Lenovo juga memberikan pilihan media penyimpanan bagi para peminatnya antara hard disk atau SSD. Pilihan yang disediakan tersebut tergantung dari kebutuhan penggunanya. Bila Anda ingin kemampuan membaca yang lebih cepat, gunakan SSD. Namun, bila Anda memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, sebaiknya Anda memilih hard disk.

Untuk lebih memanjakan penggunanya, ThinkCentre M90z menggunakan layar 23 inci yang dilengkapi dengan kemampuan touch screen. Namun, apabila Anda tidak menginginkan layar dengan kemampuan touch screen, layar tersebut juga dapat diganti dengan layar biasa. Lalu, bagaimana dengan pengguna yang membutuhkan lebih dari satu layar? Lenovo mengakomodir kebutuhan tersebut dengan menambahkan sebuah display port di bagian belakang ThinkCentre M90z, sehingga pengguna dapat menggunakan sebuah layar monitor tambahan. Feature ini terutama banyak berguna untuk pengguna enterprise perbankan. Mereka seringkali menggunakan dua buah layar untuk membaca grafik dan melihat perkembangan keuangan dunia.

Mengapa Lenovo membiarkan peminatnya untuk menentukan spesifikasinya sendiri? Lenovo ingin agar penggunanya mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya. Terkadang, konsumen terpaksa membeli produk yang kekuatannya melebihi yang dibutuhkan atau di bawah kebutuhan.

Pada kesempatan tersebut, kami sempat menanyakan mengenai tanggapan awal pasar yang telah Lenovo dapatkan mengenai ThinkCentre M90z. Lenovo mengakui bahwa para calon kustomer yang berasal dari pengguna enterprise sangat tertarik akan produk ini. Alasannya, karena produk ini ringkas, mampu menghemat ruangan, dan tidak terlalu banyak memakan listrik.

Lenovo ThinkCentre M90z dijual dengan harga mulai USD 990 untuk spesifikasi yang menggunakan prosesor i3. Sedangkan untuk produk dengan spesifikasi di atasnya, Lenovo menjual produk ini di atas USD 1000.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES