Tips n Trick: Mengikuti Lomba Overclocking

Reading time:
July 19, 2010

Sebenarnya tidak ada trik ‘khusus’ dalam mengikuti lomba overclocking, namun sama seperti halnya mengikuti lomba game, yang diperlukan adalah persiapan yang matang dan atihan yang rutin. Practise makes perfect, doesn’t it?

newal R

Berikut ini adalah beberapa tips yang diberikan oleh Alva Jonathan dalam mengikuti perlombaan overclocking, beberapa diantara ini kesannya sederhana namun penting untuk diperhatikan.

–  Persiapkan segalanya dari awal, jangan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Kedengarannya cukup mudah, tapi jangan pernah remehkan poin ini. Mempersiapkan SEGALA-nya berarti memperhitungkan apa yang akan terjadi di lomba, baik dari mempelajari betul hardware dan software yang akan digunakan(jika diumumkan sebelum lomba) dan mempersiapkan semuanya untuk  menghadapi kemungkinan terburuk.

Hal ini harus dilakukan setidaknya mulai dari H-4 atau H-5 sebelum lomba. Jangan pernah melakukan persiapan yang sifatnya Sistem Kebut Semalam (SKS). Pada awal karirnya, Alva Jonathan mengaku sering melakukan persiapan secara SKS, namun ternyata hasilnya perlombaan yang diikutinya selalu tidak maksimal. Alva sering melakukan banyak kesalahan. Dengan mempersiapkan semuanya dari awal, kemungkinan kita terhindar dari hal-hal yang akan mengganggu kita sebelum pertandingan akan semakin besar.

– Latihan, latihan dan latihan

Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan, begitu juga dengan lomba overclocking. Lamanya  ‘Jam terbang’ kita dalam menangani sistem yang digunakan saat lomba akan menentukan seberapa cepat kita bisa mencari limit dari hardware yang digunakan. Oleh karena itu, usahakan untuk setidaknya pernah mencoba hardware yang akan digunakan saat lomba.

Dengan seringnya latihan, ada kemungkinan kita dapat menemukan hal-hal yang tidak diketahui orang lain yang belum pernah mencoba sistemnya terlebih dahulu. Misalnya kita bisa menemukan bug pada setting BIOS motherboard atau tweak yang bisa mem-boost score pada benchmarknya.

–  Gunakan waktu sebaik-baiknya

Waktu adalah hal yang SANGAT berharga dalam lomba. Variabel yang satu ini akan menentukan seberapa lama  kita dapat mencoba sistem yang digunakan. Biasakan untuk membuat time table yang sesuai dengan preferensi kita sehingga waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Menurut pengalaman Alva, hal non-teknis seperti time management ini biasanya dapat membuat dia memperoleh hasil akhir yang lebih baik dari overclocker lain.

– Get in the groove first, overclocking can be done later

Arena lomba adalah tempat yang SANGAT berbeda dengan rumah kita. Sekalipun hardwarenya semua sama, gunakan menit-menit awal pertandingan untuk ‘berkenalan’ terlebih dahulu dengan hardware DAN keadaan/suasana di arena lomba.  Percaya atau tidak, membuat suasana lomba menjadi nyaman akan berpengaruh terhadap mentalitas kita di arena. Perasaan nyaman akan membuat kita cenderung untuk berpikir positif, dan hal ini berakibat kita akan bisa melihat masalah dari sudut pandang yang lebih luas, dan memudahkan kita untuk mengatasinya.

–  Hal-hal yang TIDAK diinginkan akan muncul. Saat itu terjadi, JANGAN PANIK!

Banyak overclocker yang datang ke tempat lomba dengan beranggapan bahwa dirinya TIDAK BOLEH melakukan kesalahan sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Kalau pikiran tersebut selama ini ada di benak Anda, segera buang jauh-jauh pikiran tersebut!

Dalam lomba overclocking segalanya bisa saja terjadi, termasuk hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, latih diri kita untuk terbiasa menghadapi masalah yang ada, jangan terus menghindar dari masalah. Kadang beda overclocker amatir dengan overclocker kawakan hanya terletak pada kemampuannya menghadapi masalah-masalah tak terduga yang terjadi di tempat lomba.

– Istirahat/tidur cukup sebelum lomba.

Adalah hal ‘biasa’ bagi overclocker untuk tidak tidur selama persiapan, terutama menjelang h-2 dan h-1. Walaupun hal ini sudah lumrah dilakukan, namun usahakan untuk setidaknya tidur efektif selama 3-4 jam menjelang hari-H. Hal tersebut akan membuat pikiran kita menjadi lebih segar dan lebih siap menghadapi tekanan mental selama perlombaan.

– Penting : JANGAN pernah panik hanya karena lawan kita lebih ‘dewa’

Sering kali overclocker baru(newbie) sudah down mentalnya jika melihat peserta lain yang jauh lebih berpengalaman. Jangan buang energi Anda sia-sia untuk mengkhawatirkan hal seperti ini.

Yang perlu diingat disini adalah : Experienced overclocker juga MANUSIA, Mereka bisa saja melakukan kesalahan atau mendapat bad luck, dan yang paling penting adalah sehebat apapun mereka, mereka pasti juga akan menemui limit pada hardwarenya, sama seperti semua peserta yang lain.

– Ikuti lomba dengan mindset : ingin BERUSAHA, BUKAN ingin MENANG.

Siapa yang tidak ingin memenangkan lomba? Tentu tidak ada. Namun saat kita mengikuti lomba dengan mindset ‘HARUS menang’, kita akan memberikan beban kepada pikiran kita sendiri.

Yang lebih penting dari kemenangan adalah USAHA. Sebagai acuan, kalau limit dari sistemnya terletak pada HARDWARE yang digunakan, dan BUKAN pada kita sebagai overclockernya, itu tandanya kita sudah berusaha seMAKSIMAL yang kita bisa.

Seandainya masih belum bisa menang juga meski sudah berusaha maksimal, berarti mungkinmemang  belum saatnya, itu saja.

Nah, itu saja yang bisa disampaikan kali ini, semoga tips dari Alva tersebut bisa membantu teman-teman overclocker yang ingin mengikuti lomba overclocking. Sampai juga pada tips berikutnya, dan saksikan terus perkembangan MSI MOA 2010 Indonesia hanya di www.jagatreview.com!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…