in: Notebook / Laptop | August 27, 2010 | by: Bimanto

Astone Netbox nT-300i: PC Mini Dengan High Definition

Saat ini sebuah komputer yang kecil, ringkas dan hemat daya menjadi pilihan yang sangat tepat. Bagi kalangan bisnis, bentuk dari komputer mini ini akan sangat membantu sekali. Mngingat bentuknya yang kecil sehingga dapat ditempatkan dimana saja tanpa menghabiskan ruang.

Selain itu, daya yang diperlukan juga kecil sehingga akan memotong tagihan listrik. Bagi kalangan home user juga sangat menarik, selain bentuknya yang ringkas, bisa menjadi sebuah HTPC yang akan menghibur Anda di saat lenggang.

Astone baru-baru ini merilis salah satu produk komputer mini mereka bernama Astone Netbox nT-300i. Bentuknya dan dimensinya yang mungil ini sangat memudahkan Anda untuk menempatkannya di mana saja. Casing pembungkus dari Astone Netbox nT-300i ini seluruhnya berwarna putih dengan finishing glossy yang menawan.

Bila Anda perhatikan, seluruh bagian depan dari netbox ini  penuh sekali dengan fungsi tombol dan port yang mudah untuk dijangkau.

Spesifikasi

Di dalam casing putih Astone Netbox nT-300i ini tersimpan prosesor Intel Atom n330 dengan memori DDR2 sebesar 1GB dan dapat Anda upgrade menjadi 2GB.  Satu hal yang paling menarik dari Astone Netbox nT-300i adalah penggunaan chipset nVIDIA MCP7A-ION. Dengan penggunaan chipset dari NVIDIA ini Anda dapat menjalankan feature CUDA sehingga Astone Netbox nT-300 dapat Anda gunakan untuk menonton film HD 1080P. Satu hal yang biasanya tidak dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan prosesor Intel Atom saja.

Dengan begitu Astone Netbox nT-300 sebenarnya bisa menjadi sebuah PC mini yang dapat berfungsi sebagai mesin kerja untuk aplikasi office dan juga bisa sebagai mesin multimedia. Astone Netbox nT-300 juga bisa menjadi sebuah HTPC yang sangat menarik. Anda dapat menempatkan di belakang layar LCD TV lalu menyambungkannya melalui kabel HDMI.

Kapasitas hard disk sebesar 320GB akan siap menampung koleksi multimedia Anda. Selain itu Anda bisa menyambungkan Astone Netbox nT-300 melalui Wi-Fi yang telah terintegrasi untuk browsing maupun mendownload berbagai file.

Antena Wifi, Port USB 2.0, DVI port, HDMI, Gigabit LAN, Audio out, power port
Tombol power dan sleep, Indicator power, mini speaker, Port USB 2.0, Card reader 5in1, audio in/out

Paket Penjualan

Pada paket penjualannya, Anda akan mendapatkan dua buah bracket dan satu set pin kaki, sehingga dapat ditempatkan dalam posisi horizontal, vertikal, dan di-mounting pada bagian belakang layar LCD sehingga Anda seperti mempunyai all-in-one PC.

kaki untuk posisi vertical, braket untuk di belakang layar LCD atau tembok dalam berbagai posisi, pin untuk menempatkan pada posisi horisontal

Selain itu, Astone menyediakan beberapa perlengkapan standar seperti kabel power, manual book (yang menurut kami mudah dimengerti), DVD Driver untuk Astone Netbox nT-300i, kartu garansi, dan Adaptor DVI ke D-sub. Tetapi sayangnya Anda tidak mendapatkan bundel sistem operasi. Anda dapat memilih sendiri sistem operasi apa yang akan dipasang pada Astone Netbox nT-300i ini. Untuk melengkapi Astone Netbox nT-300i Anda tinggal membeli optical drive, baik itu DVD atau Blu-ray maupun Hard disk external berukuran besar untuk menyimpan berbagai film HD 1080P yang biasanya juga berukuran besar.

DVD Driver, kartu garansi, adaptor DVI to D-sub, manual book
Adaptor sereta kabel power

Kinerja

Pada benchmark menggunakan Sysmark 2007, hasil atau skor yang didapat kurang lebih hampir sama dengan perangkat lainnya yang menggunakan prosesor Intel Atom. Dengan hasil tersebut, Anda dapat menggunakan Astone Netbox nT-300i untuk melakukan pekerjaan aplikasi office dan lain sebagainya, yang tidak terlalu menuntut kinerja yang tinggi. Satu kelebihannnya, Astone Netbox nT-300i ini  menggunakan chipset NVIDIA yang  mendukung CUDA. Hal ini  membuat Anda dapat menonton film HD 1080P yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh prosesor seri atas dari Intel.

Konsumsi daya

Astone Netbox nT-300i tergolong rendah daya dalam penggunaannya. Anda tidak perlu takut dengan tagihan listrik yang membengkak bila digunakan men-download dalam waktu lama.

Transcoding

Dalam benchmark ini kami melakukan test pada keadaan dua kondisi, pertama kami melakukan encoding dengan menggunakan CPU lalu menggunakan GPU dengan bantuan CUDA. Ternyata untuk melakukan pekerjaan ini ,  Astone Netbox nT-300 masih dapat diandalkan dengan bantuan NVIDIA CUDA. Anda bisa melihat dari grafik, ketika melakukan transcoding dengan CUDA, proses lebih cepat selesai dari pada dengan menggunakan CPU.

Kinerja NVIDIA ION

Pada test ini, kami sedikit kecewa karena hasil yang didapat tidak terlalu tinggi. Sepertinya NVIDIA Ion kurang mumpuni untuk menjalankan game 3D. Anda tentu masih dapat memainkan game 3D pada Astone Netbox nT-300, walau bukan game 3D terkini. Namun, dengan adanya teknologi CUDA ini Anda dapat memainkan film HD 1080P dengan player yang mendukung CUDA juga untuk hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Bila Anda menginginkan sebuah HTPC menghiasi ruang dan menghibur Anda di waktu senggang, sepertinya Astone Netbox nT-300 memenuhi kriteria ini. Bentuk dan dimensinya sederhana dan dapat diletakkan dengan mudah dimana-mana dalam berbagai posisi.  Spesifikasi yang diberikan dapat memutar koleksi film HD 1080P yang Anda miliki. Selain sebagai mesin hiburan Anda juga dapat menggunakan sebagai mesin kerja bagi aplikasi yang tidak terlalu menuntut kinerja tinggi.

Kelebihan

  • Konsumsi daya rendah
  • Chipset NVIDIA Ion

Kekurangan

  • Unit sedikit panas untuk dijalankan dalam waktu lama

Distributor Indonesia : Atikom
Telepon : 021 6123612
Harga :
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES