in: News | August 28, 2010 | by: Deliusno

Berita Palsu Kematian Selebriti Jadi Sarang Malware

Beberapa ahli keamanan di Norton menemukan adanya peningkatan ancaman lewat e-mail mengenai berita hoax kematian beberapa selebriti. Ada beberapa subyek yang sangat membuat para penerima e-mail begitu terkejut. Hasilnya, mereka akhirnya tertarik untuk membuka e-mail tersebut. Beberapa contoh subyek yang banyak digunakan oleh para penjahat cyber adalah seperti ini: Beyonce Knowles Fatal Car Crash, Brad Pitt Fatal Car Crash, Johnny Depp died, Madonna Fatal Car Crash, Oprah Winfrey Fatal Car Crash, dan Tiger Woods died.

Selain subyek tersebut, ada juga e-mail yang menceritakan kalau ada beberapa artis yang meninggal bersama dengan beberapa orang lainnya saat pesawat tersebut membawa mereka dalam sebuah perjalanan. Pesawat tersebut akhirnya menabrak sebuah gunung saat mendekati airport.

Setelah membuka e-mail tersebut, korban akan diminta membuka sebuah attachment untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Di tahap inilah malware baru mulai bekerja. Malware akan berusaha membuat back door yang mengizinkan si penjahat cyber untuk mencuri informasi pribadi mereka.

Salah satu ancaman yang dilampirkan ke dalam email tersebut adalah Trojan.Zbot. Ancaman tersebut telah dibuat secara khusus untuk mencuri informasi rahasia dari komputer yang telah terinfeksi. Ia akan secara spesifik menargetkan sistem informasi, kredensial online, dan rincian informasi perbankan, tetapi dapat dikostumisasi oleh penjahat untuk mengumpulkan informasi apapun dalam komputer yang diinfeksi.

Sebaiknya Anda harus mulai berhati-hati terhadap ancaman sepeti ini. Data Norton menunjukkan bahwa file jenis “.zip spam attachement” ini telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam beberapa minggu ini!

Untuk mengatasi hal seperti ini, para ahli di Norton memberikan beberapa tips singkat. Tips tersebut meliputi:

  • Install penyaring spam/blocking software. Software antispam memisahkan spam dari pesan yang asli.
  • Tidak merespon email yang mencurigakan. Jika Anda mencurigai sebuah e-mail, hapus saja. Jangan mengklik link di dalam e-mail yang menanyakan akan menghapus Anda dari daftar si pengirim. Terkadang link unsubscribe tidak berpengaruh, dan respon apapun hanya akan mengkonfirmasi alamat e-mail Anda dan mungkin mengakibatkan lebih banyak lagi e-mail yang tidak diharapkan.
  • Membuat sebuah alamat e-mail sekali pakai (disposable). Miliki alamat e-mail kedua untuk penggunaan publik/umum, seperti registrasi online dan situs e-commerce. Buat alamat e-mail kedua untuk mem-forward e-mail ke account e-mail utama Anda.
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES