in: Gadget | August 16, 2010 | by: Bimanto

Foyage: Mencari Tempat Menarik Dengan Cepat

Rumah makan yang enak di mana? Apakah ada ATM di dekat sini? Di mana pom bensin terdekat? Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini sering keluar ketika kita sedang di perjalanan di daerah yang kurang kita kenal. Dengan bermodalkan Blackberry, iPhone, ataupun perangkat seluler yang menggunakan Android, segala pertanyaan tersebut akan terjawab oleh program bernama Foyage.

Foyage adalah sebuah aplikasi panduan tempat yang dapat membantu pengguna mendapatkan informasi mengenai satu daerah tertentu. Aplikasi ini bersifat multi-platform, tersedia dalam versi Blackberry, iPhone, serta Android. Foyage tersedia secara gratis.

Kali ini, kami akan mencoba memberikan gambaran Foyage pada smartphone Blackberry Curve. Download aplikasi  Foyage ini melalui Blackberry App World dengan memasukkan kata kunci “Foyage” pada optional search. Anda juga dapat menemukannya lewat pencarian di kategori travel/guides. Anda tinggal melakukan beberapa click yang mudah, maka Foyage siap digunakan. Websitenya sendiri dapat ditemukan di sini.

Cara penggunaan Foyage sangat sederhana. Setelah Anda aktifkan Foyage,  Anda akan melihat menu terbagi atas dua kategori. Menu pertama terletak di bagian atas dan diurut secara horizontal. Menu ini terdiri dari (u)pdate, (c)ategory, (f)avorite, dan (t)raffic. Huruf yang di dalam kurung  menandakan shortcut, sehingga Anda tidak perlu menggunakan trackball atau trackpad.

Untuk menu Favorite, Anda dapat menandai tempat favorit pilihan pada saat berada di lokasi. Sehingga, pada saat Anda berada di daerah tersebut di lain waktu, tempat favorit tersebut dapat dengan mudah ditemukan. Feature Traffic sebenarnya sangat menarik, pada feature ini Anda dapat mengetahui kondisi jalan yang akan dilewati. Sayangnya, karena pengguna Foyage belum terlalu banyak, bagian Traffic ini jarang ter-update.

Menu kedua terletak di bagian bawah. Menu kedua ini diurut secara vertikal. Pada menu ini, Anda dapat menemukan berbagai kategori seperti cinema, hotel, ATM, Bakery/Dessert, Family karaoke, POM Bensin dan lain sebagainya. Pada dasarnya, menu ini akan membantu Anda mencari tempat-tempat yang menarik.

Anda tinggal memilih kategori yang diinginkan, selanjutnya berbagai tempat menarik akan keluar beserta alamat dan nomor telpon yang dapat dihubungi. Bila Anda bingung dengan arah menuju ke tempat tersebut, Foyage akan meminta Google Map untuk menunjukkan jalannya kepada Anda.

Foyage menggunakan GPS atau AGPS untuk melihat posisi Anda, serta jalur data BIS untuk meng-update Foyage. Dari data tersebut, Foyage akan menunjukkan jarak yang harus ditempuh oleh Anda untuk sampai ke tempat tujuan. Dengan aplikasi ini, Anda tidak akan bingung lagi untuk mencari apa yang Anda cari.

Satu hal yang disayangkan, aplikasi ini baru hanya dapat dipakai di Indonesia (Jakarta dan Surabaya) dan Singapura. Beberapa tempat defaultnya pun belum terlalu di-update.

Namun, secara keseluruhan aplikasi ini cukup bermanfaat bagi Anda yang ingin berpergian keliling Jakarta, Surabaya, atau pun ke Singapura.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES