Genius SW-2.1 700 Extreme Bass: Treble nan Dahsyat

Author
David Novan
Reading time:
August 5, 2010
gen 001

Genius merupakan produsen hardware yang cukup terkenal dengan solusi peripheral komputer dengan harga terjangkau. Jajaran produk dari Genius yang cukup banyak di pasaran adalah speaker meja dengan berbagai bentuk dan kemampuan. Salah satu speaker yang ditawarkan Genius yang menarik perhatian kami saat ini adalah SW-2.1 700 Extreme Bass. Speaker ini mengaku memiliki kemampuan mereproduksi Bass yang dalam dan menggelegar. Benarkan demikian? Terus baca ulasan ini!

Satu hal yang langsung menarik perhatian kami adalah penggunaan input audio RCA pada bagian Subwoofer speaker ini. Hal ini membuat sinyal listrik yang dapat diterima speaker menjadi lebih kuat dibandingkan menggunakan jack 3.5″. Jadi, detail reproduksi suara yang dapat dihasilkannya tentu lebih besar, bukan? Namun, benarkah demikian? Kami langsung mencoba speaker ini dengan menggunakan beberapa lagu andalan.

gen 003

Pertama, kami mencoba tingkat Bass dari speaker ini. Apakah Extreme Bass yang ada di nama speaker ini dapat terealisasi atau hanya isapan jempol belaka? Ternyata, Bass yang dihasilkannya memang menggelegar. Namun, suaranya menjadi mendengung ketika banyak elemen suara rendah yang terlibat. Misalnya, kami mendengar banyak dengung ketika menggunakan lagu yang sarat dengan suara gitar Bass yang cepat. Detail suara Bass menjadi hilang dan sulit dibedakan setiap perubahan nadanya.

Hasil ini tentunya tidak membuat kami berhenti bereksperimen. Ternyata kami menemukan tombol putar untuk mengatur tingkat volume dan Bass pada badan Subwoofer yang terbuat dari kayu. Maka, kami menurunkan tingkat Bass dari penuh menjadi setengah. Pada saat ini, kedahsyatan suara rendah yang dihasilkan justru menjadi tumpul. Masih penasaran, kami menaikkan tingkat Bass ke 75%. Pada tingkat ini, Bass yang dihasilkan baru terlihat kehandalannya! Suara yang dihasilkan gitar Bass menjadi lebih terdengar dan dentuman suara rendah masih terasa.

Kemudian, kami kembali mencoba Bass pada speaker ini dengan cara lain. Kami menjalankan lagu dengan Bass yang berbeda. Jenis Bass ini terutama sering terdengar pada lagu Trance. Secara mengejutkan, suara Bass yang dihasilkan tetap bagus bahkan pada tingkat Bass yang tinggi. Namun, kami tetap menyarankan untuk menggunakan Bass pada tingkat 85% hingga 90% untuk menghindari pecahnya suara.

Cukup mengenai Extreme Bass! Sekarang, mari beralih ke bagian lain dari speaker ini. Bagaimana dengan kualitas suara Mid dan Treble-nya? Untuk mengetahui kemampuan speaker ini mereproduksi suara tinggi dan menengah, kami menggunakan lagu bertema akustik yang dibawakan oleh penyanyi dengan suara tinggi. Hasil yang kami dapatkan ternyata lebih mengejutkan lagi daripada tingkat Bass-nya. Speaker ini dapat membawakan mid dan Treble dengan sangat baik!

Bagaimana tidak? Perubahan pitch dari mid ke high yang cepat dapat direproduksi dengan alami dan suaranya tidak pecah! Detailnya juga bagus sekali. Perubahan nada suara penyanyi Enka (penyanyi tradisional Jepang) yang ekstrem juga dapat dibawakan dengan baik. Saking bagusnya, kami mulai beranggapan sebaiknya speaker ini menyandang nama Extreme Treble!

gen 002

Bagian lain dari speaker ini yang patut mendapat perhatian adalah kekuatan satelit dalam menghadapi volume yang besar. Pada tingkat volume tertinggi, suara pada lagu yang kami dengarkan menjadi pecah dan menurunkan kualitasnya. Oleh karena itu, kami mencoba mencari tingkat volume yang tinggi dan tetap mempertahankan kualitas suara yang dihasilkan. Kami akhirnya menetapkan batas volume yang cukup aman adalah sekitar 75% hingga 80%.

Lalu, bagaimana dengan bermain game? Kami mencoba beberapa jenis game pada speaker ini. Suara yang dihasilkan dengan menggunakan beberapa setting di atas ternyata cukup baik. Suara ledakan dan desingan peluru dapat dihasilkan dengan baik. Hanya saja tingkat kedalaman suara atau Depth dari speaker ini kurang memuaskan. Hal ini juga terjadi ketika kami mendengar lagu. Kami sulit menentukan posisi dari alat instrumen yang diperdengarkan dalam lagu. Untungnya, pada game yang menggunakan suara 3D seperti First Person Shooting, Depth yang dihasilkan masih dapat membantu Anda menentukan posisi suara yang ada di sekitar Anda.

Kesimpulan:
Untuk sebuah speaker meja dengan harga yang terjangkau, produk ini patut Anda miliki. Reproduksi suara Bass yang dihasilkan memang membutuhkan sedikit tuning. Namun, suara mid dan Treble dari speaker ini berkualitas tinggi! (David)

Saya memang mengakui kalau speaker ini memiliki suara tengah dan tinggi yang bagus. Namun, saya tetap menganggap dengung Bass-nya kurang indah didengar! Bass-nya juga berantakan untuk musik yang bertempo cepat. (Gatot)

Saya adalah penikmat musik Trance yang cukup kritis. Suara Bass yang dihasilkan speaker ini dapat diterima telinga saya. Tentu saja, penurunan kualitas reproduksi Bass pada volume tinggi sangat saya sayangkan. Karena Bass lebih enak jika bisa dipatok setinggi-tingginya! Apalagi untuk musik Trance! (Mike)

Kelebihan:
Kualitas suara mid dan treble yang sangat baik untuk speaker meja yang terjangkau harganya.

Kekurangan:
Anda harus mengatur tingkat Bass untuk mendapatkan hasil yang baik.

Spesifikasi:
Output Power:
18watts
Frequency Response:
150 Hz-20 KHz

Informasi:
Produsen:
Genius
Website:
www.geniusnet.com
Harga:
Sekitar Rp390 ribu

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…