in: Overclocking | August 22, 2010 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

MSI Afterburner V 2.00 Beta

MSI, salah satu produsen motherboard, graphic card dan notebook terkemuka di Taiwan, setahun yang lalu melakukan sebuah gebrakan pada dunia overclocking, terutama dalam overclocking kartu grafis (VGA card/graphic card). Saat itu, MSI merilis sebuah aplikasi overclocking utility untuk membantu melakukan overclocking pada VGA card yang bernama MSI Afterburner. Aplikasi ini dengan cepat dapat menarik hati banyak overclocker, bukan hanya karena kemampuannya untuk membantu overclocking VGA card, tetapi juga karena kemampuan tambahan lain yang dimiliki aplikasi ini.

Apa kemampuan tambahan yang disukai para overclocker tersebut? MSI merancang MSI Afterburner ini agar dapat digunakan di hampir semua VGA card yang beredar di pasaran, berbeda dengan aplikasi-aplikasi utility lainnya yang memaksa para overclocker untuk memakai brand/merk tertentu untuk dapat menjalankan aplikasinya. Selain itu MSI Afterburner ini juga memiliki fitur voltage control, khususnya untuk penggunaan VGA card dari MSI sendiri dan juga VGA card reference design dari nVIDIA dan ATI. Dengan fitur voltage control tersebut, overclocking VGA card menjadi semakin mudah, ovrclocker tidak lagi perlu melakukan hardware mod atau solder menyolder VGA untuk melakukan overvoltage, yang tentunya dapat menghilangkan garansi. Hal inilah yang menyebabkan MSI Afterburner menjadi aplikasi andalan bagi banyak overclocker dalam meng-overclock VGA card.

Bulan Agustus tahun 2010 ini, MSI kembali melakukan gebrakan baru pada versi baru aplikasi overclocking utility-nya tersebut, MSI Afterburner V 2.00 beta. MSI Afterburner terbaru ini mendapat tambahan fitur Triple-OverVoltage, dimana overclocker diberikan 3 opsi pengaturan tegangan pada VGA card yang akan dioverclock, yaitu GPU voltage control, memory voltage control dan Aux/PCI-e voltage control, untuk mendapatkan pencapaian overclocking VGA card yang lebih tinggi.

Akan tetapi untuk saat ini, fitur Triple-OverVoltage ini hanya dapat digunakan oleh custom/non-reference card yang akan dirilis kedepan-nya oleh MSI. Seperti, MSI N460GTX Hawk,  MSI N470GTX Twin Frozr II OV3 dan MSI N480GTX Lightning.
Namun, khusus para pengguna HD5870 reference, Anda sudah dapat fitur menikmati Aux voltage control disamping GPU Votage control dengan MSI Afterburner V.2.00 ini, tentunya masih tanpa fitur memory voltage control.

Sedikit informasi tambahan, dalam waktu dekat ini, JagatOC akan kedatangan MSI N460GTX Hawk! Dan kami akan dapat menjajal kemampuan overclocking MSI N460GTX Hawk ini dengan MSI Afterburner V 2.00 beta, tentunya bersama dengan  fitur Triple-OverVoltage-nya.  Jangan kemana-mana yah, tetap telusuri dunia Overclocking bersama JagatOC hanya di www.jagatreview.com .

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES