in: News | August 6, 2010 | by: Deliusno

Operator Arab Saudi Hentikan Layanan BlackBerry

Beberapa waktu lalu, pemerintah Arab Saudi memerintahkan tiga operator yang ada di negara tersebut untuk menghentikan layanan BlackBerry. Tidak ada yang tahu kapan ketiga operator tersebut akan menghentikan layanannya karena mereka masih bernegosiasi dengan pemerintah. Ternyata hari ini jawaban atas pertanyaan tersebut terjawab sudah. Dilaporkan para pengguna BlackBerry di Arab Saudi sudah tidak bisa menggunakan layanan BB seperti BlackBerry Mesengger dan Push Mail.

Apa yang menjadi alasan utama para operator tersebut mematikan layanan BlackBerry? Para mobile provider tersebut beralasan aksi tersebut diambil untuk masalah keamanan. Pemerintah Arab Saudi beralasan kalau mereka tidak bisa memonitor komunikasi yang ada antar perangkat BlackBerry. Hal tersebut bisa terjadi karena perangkat BlackBerry mengirimkan data yang terenkripsi ke server yang berada di luar negara tersebut.

Pada hari Selasa lalu, pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan tiga operator yang menyediakan layanan BlackBerry untuk mematikan layanannya. Jika ketiga operator tersebut tidak mau menurut, denda sebesar USD1.3 juta telah menanti mereka.

Selain Arab Saudi, pemerintah UAE juga telah memerintahkan para operatornya untuk mematikan layanan yang sama. Alasannya pun sama dengan pemerintah Arab Saudi.

Update: Setelah beberapa jam tidak dapat menggunakan layanan messaging di produk BlackBerry-nya, dilaporkan para pengguna di Arab Saudi sudah mulai bisa menikmati layanan tersebut. Apakah hanya ada kesalahan teknis di server operator? Sayangnya tidak ada penjelasan resmi dari para operator.

Source: Yahoo! News

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES