in: News - Storage Devices | August 5, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

Photofast GBOX Mini: SATA to USB 3.0

Pada tanggal 3 Agustus 2010 yang lalu, PhotoFast Global Inc. kembali melengkapi jajaran produk mereka dengan interface USB 3.0. Produk terbaru ini dinamakan GBOX Mini. GBOX Mini merupakan sebuah converter SATA to USB 3.0.

Jika dibandingkan dengan USB 2.0, USB 3.0 dapat mentransfer data sampai 10 kali lipatnya. Bandwidth USB 3.0 sendiri dapat mencapai 5 Gbps. Oleh karena itu, jika pengguna menyambungkan hard disk atau solid state disk dengan interface SATA ke converter ini, bisa jadi pengalaman mengakses hard disk atau solid state disk tersebut tidak berbeda dibandingkan dengan langsung mencolok ke kontroler SATA itu sendiri.

Sebut saja sebuah hard disk mampu mentransfer data dengan kecepatan 100 MB/s pada interface SATA. Dengan USB 3.0 seharusnya hard disk yang sama juga dapat mentransfer data dengan kecepatan yang sama pula. Berbeda dengan USB 2.0 yang hanya mampu mentransfer dengan kecepatan 33.3 MB/s

Uniknya, converter ini tidak membutuhkan adaptor tambahan. Listrik didapat langsung dengan menggunakan dua buah slot USB. Masing-masih female slot USB 3.0 pada produk ini mampu menghantarkan daya 900 mAH. Hal ini dapat menjadi sebuah kelebihan maupun kekurangan. Tentu saja, saat ini motherboard dengan slot USB 3.0 masih sedikit dan setiap motherboard hanya memiliki dua buah slot USB 3.0 saja. Walaupun begitu, di masa depan USB 3.0 akan menjadi standar seperti halnya USB 2.0. Produk ini juga menjadi sebuah jembatan bagi Anda yang memiliki banyak hard disk namun kekurangan slot SATA. Cukup menarik, bukan?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES