in: Direct Release | August 26, 2010 | by: Jagat Review

[PR] Para Perempuan Beramai-Ramai Menggunakan Mobile Web

Para perempuan beramai-ramai menggunakan mobile Web Laporan Pernyataan Mobile Web Opera menunjukkan kesetaraan gender yang lebih besar

26 Agustus 2010 – Oslo, Norwegia – Hanya dalam waktu dua tahun, persentase perempuan pada mobile Web telah meningkat 575 persen, menurut Laporan Mobile Web dari Opera yang diterbitkan hari ini. Afrika Selatan memimpin untuk mendorong kesetaraan gender tersebut pada mobile Web di dunia, dengan perhitungan perempuan hampir 44 persen yang menggunakan Web mobile. Sedangkan di Indonesia, persentase perempuan pengguna mobile Web meningkat dari 18 persen menjadi 21,3 persen.

Laporan Pernyataan Mobile Web Opera yang diterbitkan setiap bulan menyediakan informasi tren global yang paling mempengaruhi mobile Web. Laporan selengkapnya tersedia di http://www.opera.com/smw/ (dalam Bahasa Inggris). Di bulan ini, dilaporkan hasil survei pertama terhadap lebih dari 300.000 pengguna Opera Mini serta ringkasan dari tren mobile Web di Asia Tenggara.

Demografi Opera Mini

Mulai akhir bulan Juli dan berjalan hingga beberapa minggu, kami melakukan survei untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengguna Opera Mini di seluruh dunia. Selain mengumpulkan data demografis pengguna untuk laporan ini, survei tersebut juga bertujuan untuk mengukur berbagai aspek online ataupun gaya hidup mobile mereka. Isu-isu gaya hidup tersebut akan dibahas pada laporan-laporan berikutnya, namun satu pertanyaan yang relevan akan didiskusikan di bawah ini sebagai penjelasan khusus.

Rincian

Survei tersebut ditampilkan untuk pengguna Opera Mini di ponsel mereka, disediakan dalam 9 jenis bahasa (Bahasa Rusia, Inggris, Indonesia, Cina, Vietnam, Portugis, Jerman, Polandia, dan Jepang). Setiap pengguna Opera Mini pada 9 bahasa yang tersedia ditawarkan untuk mengikuti survei tersebut. Data dikumpulkan dari pengguna di 15 negara yang tercantum, begitu juga “lainnya”. Data di bawah ini adalah data dari 10 negara papan atas berdasarkan penggunaan Opera Mini (pada bulan Juni 2010). Pada tanggal 10 Agustus 2010, lebih dari 300.000 responden survei dikumpulkan.

Ringkasan:

  • Afrika Selatan mempunyai pengguna perempuan paling banyak (43,5 persen) diikuti oleh Amerika Serikat (35,6 persen), Rusia (32,4 persen), Inggris (31,5 persen) dan Indonesia berada diperingkat ke-6 (21,3 persen).
  • India memiliki pengguna perempuan paling sedikit (4,0 persen) yang diikuti oleh Nigeria (5,4 persen), Cina (11,6 persen) dan Vietnam (17,9 persen).
  • Dibandingkan dengan <A HREF=”http://www.opera.com/smw/2008/05/“>surver terakhir terhadap pengguna Opera Mini</A>, beberapa perubahan signifikan telah diamati. Di Rusia, persentase pengguna perempuan meningkat dari 12,5 persen menjadi 32,4 persen. Di Cina, persentase pengguna perempuan meningkat dari 5,5 persen menjadi 11,6 persen. Di Amerika Serikat, persentase pengguna perempuan meningkat dari 19,4 persen menjadi 35,6 persen. Di Afrika Selatan, persentase pengguna perempuan meningkat dari 24,7 persen menjadi 43,5 persen. Di Ukraina, persentase pengguna perempuan meningkat dari 8,5 persen menjadi 24,2 persen. Di Inggris, persentase pengguna perempuan meningkat dari 16,6 persen menjadi 31,5 persen.
  • Ukraina dan Vietnam memiliki pengguna dibawah 18 tahun paling banyak (34,8 persen dan 23,7 persen secara berurutan)
  • Secara keseluruhan, umur 18-27 tahun masih merupakan kelompok pengguna Opera Mini terbesar. Yang dikatakan menurut <A HREF=”http://www.opera.com/smw/2008/05/“>hasil survei sebelumnya</A>, bahwa pengguna dibawah umur 18 tahun yang berbasis di Indonesia bertambah namun tidak secara signifikan.
  • Amerika Serikat dan Inggris memiliki banyak pengguna antar umur 38 hingga lebih tua (masing-masing 26 persen dan 21 persen). Sedangkan di Indonesia, pengguna Opera Mini cenderung lebih muda dengan mayoritas pengguna dibawah 37 tahun.

Pertanyaan seputar gaya hidup:

Pengguna ditanya “Apakah Anda memiliki teman online yang belum pernah Anda temui di kehidupan nyata?”

Secara umum, respon “ya” untuk pertanyaan diatas relatif umum (respon dengan jawaban“ya” terendah adalah 64,4 persen di Inggris), yang mengindikasikan bahwa pengguna mobile Internet lebih cenderung untuk memiliki teman-temen secara online yang belum pernah mereka temui secara langsung.

Negara dengan respon “ya” lebih banyak: Nigeria (87,3 persen), Indonesia (83,7 persen) dan Ukraina (83,1 persen).

Negara dengan respon “ya” lebih sedikit: Inggris (64,6 persen) dan Amerika Serikat (65,6 persen).

Tren-tren global

  • Di bulan Juli 2010, Opera Mini memiliki lebih dari 62,3 pengguna, dengan 4,8 persen peningkatan sejak bulan Juni 2010.
  • 62,3 juta pengguna aktif tersebut melihat lebih dari 29,6 milyar halaman dibulan Juli 2010 ini. Sejak Juni kemarin, halaman yang dilihat naik 8,5 persen, sedangkan sejak bulan Juli 2009 halaman yang dilihat tumbuh 146,3 persen.
  • Di bulan Juli 2010, pengguna Opera Mini menggunakan 445 juta MB data untuk operator di seluruh dunia. Sejak bulan Juni, data yang dikonsumsi meningkat 6,9 persen. Data pada Opera Mini dikompresi hingga 90 persen. Dan jika data-data tersebut tidak dikompresi, pengguna Opera Mini telah melihat lebih dari 4,1 petabytes data di bulan Juli tersebut. Trafik data meningkat 138,1 persen sejak Juli 2009.
  • Kenya bergabung dalam daftar 10 negara papan atas atas pengguna Opera Mini, dan menggeser posisi Nigeria. Peringkat daftar 10 negara teratas terbaru secara berurutan adalah sebagai berikut Indonesia, Rusia, India, Cina, Ukraina, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Vietnam, Britania Raya dan Kenya.

Tren di Asia Tenggara

  • Daftar 10 negara peringkat atas pengguna Opera Mini di Asia Tenggara adalah Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei, Singapura, Kambodia, Laos dan Myanmar.
  • Sejak bulan Juli 2009 hingga Juli 2010, halaman yang dilihat di 10 negara papan atas diatas meningkat 238 persen dengan pertumbuhan pengguna unik sebesar 205 persen dan jumlah data yang ditransfer meningkat 227 persen.
  • Tingkat pertumbuhan di Asia Tenggara: Malaysia dan Singapura memimpin di wilayah 10 negara tersebut dalam hal pertumbuhan halaman yang dilihat (1.003,7 persen dan 412,0 persen secara berurutan). Vietnam dan Malaysia memimpin dalam pertumbuhan pengguna unik masing-masing dengan 328,5 persen dan 242,3 persen. Brunei memimpin dalam jumlah halaman yang dilihat per pengguna, dimana setiap pengguna menjelajahi rata-rata 1.824 halaman setiap bulannya.
  • Google dan Facebook bersaing untuk menempati posisi teratas di beberapa negara Asia Tenggara. Di Thailand dan Laos, Google berada di peringkat pertama, diikuti hi5 lalu Facebook. Di Vietnam komunitas My Opera sangat popular, dan Facebook tidak masuk ke dalam daftar 10 situs yang paling sering dikunjungi sama sekali.
  • Pengguna Opera Mini di Asia Tenggara cenderung untuk menggunakan perangkat Nokia. Sedangkan di Singapura dan Myanmar, Apple iPhone merupakan perangkat yang paling populer diantara pengguna Opera Mini.

Pernyataan kami

“Kami yakin akses terhadap Web adalah hak universal dan mobile Web merupakan jalan untuk meruntuhkan batasan untuk mengakses Web,” kata Jon von Tetzchner, pendiri Opera Software. “Melihat lebih banyak perempuan yang menggunakan Web mobile merupakan hal yang penting untuk memastikan tercapainya akses mobile Web yang terbuka untuk semua platform bagi semua orang.”

Arsip Laporan Mobile Web: http://www.opera.com/smw/archive/

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES