in: News | September 28, 2010 | by: Dimas Galih Windujati

AMD: Semakin Banyak Core Semakin Baik

Beberapa bulan yang lalu, AMD meluncurkan jajaran prosesor Opteron terbaru mereka yang memiliki 8 dan 12 core per prosesor. Seri Opteron dari AMD ini dikhususkan untuk server. Dengan peluncuran ini,  banyak yang bertanya buat apa memiliki core sebanyak itu pada sebuah prosesor? Bahkan ada yang menyatakan bahwa banyak aplikasi yang tidak bisa memakai core sebanyak itu. Lalu apakah pernyataan seperti ini benar?

John Fruehe, Director of Product Marketing for Server/Workstation Products di AMD menjelaskan “Saya berani bertaruh dengan siapa pun, walaupun ada banyak kritik di luar sana yang mengatakan bahwa AMD keluar jalur, pelanggan dengan jelas mengerti bahwa banyaknya core sangat berpengaruh”. Itulah kutipan yang diambil dari blog resminya pada website AMD.

“Saat melihat data penjualan untuk paruh pertama tahun 2010, prosesor 12-core jelas terjual lebih banyak dibandingkan dengan prosesor 8-core. Saya mengharapkan akan ada sedikit bias terhadap prosesor 12-core, karena saya pikir ada banyak aplikasi yang dapat  memakai clock speed ekstra pada prosesor 8-core dan akan membuatnya lebih populer. Ternyata saya salah, pelanggan memilih dengan anggaran mereka, dan jumlah core ternyata berpengaruh.”  Hal ini membuktikan bahwa penjualan prosesor dengan 12-core lebih baik dibandingkan dengan 8-core mereka.

Lalu, untuk apa saja prosesor dengan core banyak digunakan? John Fruehe menjabarkan bahwa banyaknya core tersebut biasanya dipakai untuk:

Virtualisasi – Banyak pelanggan telah mengatakan John bahwa mereka membuat aturan “satu VM per core”, sehingga dengan prosesor 12-core, mereka akan mendapatkan konsolidasi yang lebih padat.

Database / Bisnis Apps – Database adalah rajanya akses multi-user secara bersamaan. Memiliki selusin core dalam sebuah soket membantu memastikan bahwa semua query terjawab dengan cepat.

High Performance Computing – Jika Anda memecah sebuah masalah besar ke jutaan potongan kecil dan memasukkan ke sebuah cluster untuk memecahkannya, memiliki 12 core per prosesor berarti bahwa Anda secara dramatis dapat memotong waktu melalui pemrosesan paralel.

Jadi, memiliki banyak core pada sebuah prosesor ternyata sangat berguna. Untuk AMD sendiri, peluncuran prosesor baru mereka yang berbasis Buldozer dengan 8 module (16 thread) akan sangat ditunggu karena akan semakin menyemarakkan persaingan dalam dunia CPU.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES